Sebanyak 80 Relawan Laskar Sekaban Bangka Ikuti Pembinaan SAR Community

BANGKApradivanews.com – Sebanyak 80 orang relawan Laskar Sekaban yang berdomisili di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (13/12/2023), mengikuti kegiatan Pembinaan SAR Community yang digelar oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 13 hingga 14 Desember 2023 di Pantai Parai Tenggiri Kabupaten Bangka tersebut, dibuka langsung oleh Deputi Bina Tenaga dan Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Moh. Barokna Haulah, SS., MSi.

Hal ini mengingat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memiliki keterbatasan, sehingga tidak dapat bekerja sendiri. Sedangkan Basarnas sebagai leading sektor yang bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan.

Oleh karena itu kegiatan Pembinaan SAR Community ini digelar sebagai upaya memasyarakatkan SAR ke seluruh penjuru tanah air sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan.

Selain itu meningkatnya kasus kecelakaan dan musibah yang ditangani oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, juga menjadi alasan perlunya diadakan kegiatan pembinaan tenaga SAR melalui Program Pembinaan SAR Community.

Melalui kegiatan Pembinaan SAR Community diharapkan dapat menghasilkan semangat kemanusiaan, kesatuan pola pikir dan pola tindak yang sama untuk memberikan pelayanan terhadap pencarian dan pertolongan secara optimal.

“Saya harap para peserta sekalian dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat, dan dapat menyerap semua materi yang di berikan sehingga dapat bermanfaat di lingkungan sekitar”, ungkap Moh. Barokna Haulah, Rabu (13/12/2023).

Sementara itu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa, SH, MSi berharap Pembinaan SAR Community dapat memberikan manfaat yang baik terhadap komunitas relawan, terutama komunitas Laskar Sekaban yang selama ini turut mendukung kerja Basarnas dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan di wilayah kerja Bangka Belitung.

“Semoga sinergisitas dan solidaritas Basarnas dengan instansi terkait, serta komunitas relawan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat terjalin semakin erat. Semangat Quick Action Satu Jiwa Satu Rasa”, pungkas I Made Oka Astawa. (***)

Reporter : Humas SAR Pangkalpinang
Editor : Yudi AB 

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…