Bawaslu Belitung Segera Rekrut Anggota Panwascam Untuk Pilkada, Simak Jadwalnya

BELITUNG, pradivanews.com – Sesuai dengan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung kembali melakukan perekrutan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk lima kecamatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung, Rezeki Aris Munazar (Aris) menjelaskan, berdasarkan Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor: 4224.1.1/Hk.01.01/k1/04/2024, ada dua metode yang bisa diterapkan dalam proses perekrutan Panwascam untuk Pilkada serentak tahun 2024, yakni metode perekrutan peserta existing dan metode perekrutan peserta baru.

“Metode perekrutan peserta existing, yakni perekrutan terhadap peserta yang masih aktif sebagai Panwascam dalam Pemilu serentak 2024 kemarin, atau dikategorikan sebagai peserta petahana. Sedangkan metode perekrutan peserta baru, yakni perekrutan terhadap peserta yang tidak atau bukan sebagai Panwascam Pemilu serentak 2024 kemarin”, jelas Aris, Jum’at (26/04/2024) malam.

Aris mengatakan, peserta existing tersebut diwajibkan untuk kembali mendaftarkan diri sehingga akan dilakukan verifikasi terhadap berkas administrasinya, serta akan dilakukan evaluasi terhadap kinerjanya selama menjadi Panwascam pada Pemilu serentak tahun 2024 lalu.

“Memang mereka ini (existing) tidak lagi mengikuti CAT atau tes tertulis, hanya dievaluasi kembali kinerjanya saja, kalau memenuhi syarat maka bisa lanjut untuk menjadi Panwascam Pilkada serentak 2024. Namun mereka tetap harus kembali mendaftar dengan menyerahkan berkas persyaratan”, ungkap Aris.

Berdasarkan tahapannya, penerimaan dan verifikasi berkas administrasi bagi peserta existing tersebut dilakukan pada tanggal 23 hingga 27 April 2024. Sedangkan pelaksanaan evaluasi kinerja terhadap peserta existing tersebut dilakukan pada tanggal 26 hingga 27 April 2024.

Lebih lanjut Aris menjelaskan, tahapan perekrutan peserta baru akan dimulai dengan jadwal pengumuman pendaftaran calon Anggota Panwascam pada tanggal 3 – 4 Mei 2024, hingga tahapan pelantikan dan pembekalan bagi Anggota Panwascam terpilih yang dijadwalkan pada tanggal 24 – 25 Mei 2024 mendatang.

“Untuk itu, kami memanggil putra-putri terbaik Kabupaten Belitung terbaik untuk ikut mendaaftarkan diri, guna mengikuti seleksi dalam perekrutan Panwascam Pilkada serentak tahun 2024 ini. Jika ada yang belum jelas terkait dengan persyaratannya, calon peserta bisa datang ke Kantor Bawaslu Belitung atau mengecek lewat akun medsos Bawaslu Belitung”, pungkas Aris. (***)

Tahapan Pembentukan Panwascam Pilkada Serentak 2024:

Reporter : Yudi AB
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦