Diduga Alami Lost Contact, KM Netral Masih Dalam Pencarian Tim SAR Gabungan

BANGKA BARAT, pradivanews.com – Tim SAR Gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap KM Netral yang diduga mengalami lost contact, Jum’at (15/03/2024) siang, di Perairan Menduyung Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung.

Berdasarkan informasi, sebelumnya KM Netral yang dinahkodai Firdaus (47) tersebut pada hari Rabu tanggal 13 Maret 2024 berangkat dari Sungai Manan Sugihan OKI, menuju Pantai Bukit Terak Desa Kundi untuk mengantarkan ikan.

Pada pukul 12.00 WIB, KM Netral tersebut mengalami kondisi kehabisan bahan bakar minyak sehingga menyebabkan mesin kapal mati. Kemudian nahkodanya menghubungi pengepul ikan yang bernama Bahari, untuk minta diantarkan bantuan bahan bakar minyak ke lokasi KM Netral berada.

Selanjutnya Bahari mengutus Teguh dan Erwin untuk mengantarkan bahan bakar minyak menuju lokasi KM Netral berada. Namun setibanya 2 orang tersebut di titik lokasi dimaksud, KM Netral tidak ditemukan dan nahkodanya tidak bisa dihubungi.

Mengetahui hal tersebut, Teguh dan Erwin langsung melakukan pencarian terhadap keberadaan KM Netral yang memiliki ciri-ciri berwarna biru putih list merah. Teguh dan Erwin juga sempat bertanya kepada nelayan yang ditemui di sekitar lokasi kejadian.

Namun semua nelayan yang ditemui memberikan jawaban tidak ada yang melihat keberadaan KM Netral dengan ciri-ciri berwarna biru putih list merah tersebut. Kemudian istri Firdaus melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kansar) Pangkalpinang.

Kepala Kansar Pangkalpinang, I Made Oka Astawa, SH, MSi mengatakan, setelah menerima informasi tersebut, pihaknya segera memberangkatkan 1 Tim Rescue USS Mentok menuju lokasi kejadian di Perairan Menduyung, dan juga melakukan koordinasi dengan Polairud Polda Babel.

“Diduga KM Netral ini mengalami lost contact saat kehabisan bahan bakar di Perairan Menduyung. Dua orang yang diutus pak Bahari untuk mengantar bahan bakar juga sempat melakukan pencarian dan bertanya kepada nelayan yang ditemui di sekitar lokasi kejadian”, kata Oka melalui releasenya, Sabtu (16/03/2024) pagi.

Oka menambahkan, hingga Sabtu siang upaya pencarian terhadap keberadaan KM Netral masih terus dilakukan oleh Tim SAR Gabungan. Oka pun berharap upaya pencarianoleh Tim SAR Gabungan segera membuahkan hasil.

“Pencarian terhadap korban sudah dilakukan sejak kemarin (Jum’at) oleh Tim SAR Gabungan, dengan menggunakan bantuan Rigid Inflatable Boat (RIB) di perairan tersebut. Semoga hari kedua (Sabtu) ini memiliki titik terang terkait keberadaan kapal korban”, pungkas Oka. (***)

Rel : Humas Kansar Pangkalpinang
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦