Masyarakat Beltim Masih Bergantung Kepada Ikan Laut, Tingkat Konsumsinya Masih Dipengaruhi Musim

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Tingkat konsumsi ikan oleh masyarakat Kabupaten Belitung Timur (Beltim) ternyata masih dipengaruhi oleh faktor musim. Dimana pada saat musim angin barat membuat harga ikan laut menjadi mahal, sehingga masyarakat pun beralih ke jenis lauk pauk lainnya.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha dan Diversifikasi Produk Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Beltim, Iqbal Barmudi. Iqbal menyatakan 90 persen ikan yang dikonsumsi Masyarakat Beltim berasal dari ikan tangkap atau hasil laut. Sisanya 10 persen barulah ikan hasil budidaya atau ikan air tawar.

“Bukan dianimo, tapi diketersediaan karena harga ikan yang mahal. Masyarakat kita belum familiar dengan ikan air tawar jadi masih bergantung ke ikan laut”, ungkap Iqbal, usai acara Kampanye Gemarikan di Halaman Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Beltim, Selasa (12/12/2023).

Menurutnya, Angka Konsumsi Ikan (AKI) tahun 2022 di Kabupaten Beltim mencapai 66,34 Kg per kapita/tahun. Angka ini masih di bawah rata-rata konsumsi masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni 68,50 kg per kapita/tahun, namun sudah di atas rata-rata nasional yakni 56,48 kg per kapita/tahun.

Untuk menjaga ketersediaan ikan dan menekan inflasi, Dinas Perikanan Kabupaten Beltim terus berupaya menjaga harga ikan air laut. Salah satunya dengan rencana pembangunan tempat penyimpanan ikan atau cold storage.

“Kita akan berupaya membangun cold storage, jadi saat harga ikan murah kita beli sebanyak-banyaknya dan kita simpan. Jadi saat ikan mahal, kita jual dengan harga yang terjangkau”, kata Iqbal.

Dinas Perikanan juga terus mengkampanyekan agar masyarakat Kabupaten Beltim juga terbiasa mengkonsumsi ikan air tawar. Sehingga tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Beltim dapat meningkat.

“Kawan-kawan kita di budidaya terus melakukan inovasi untuk pengembangan ikan air tawar. Kalau dulunya hanya ikan lele, lenggang atau mengkawak, sekarang kita arahkan ke ikan nila”, pungkas Iqbal. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…