Di Usia ke-152 Tahun Kota Manggar, Bupati Sebut Masih Banyak Objek Yang Terbengkalai

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin berkeinginan melihat kembali kejayaan Kota Manggar seperti pada masa keemasaan PT Timah pada puluhan tahun lalu. Hal ini disampaikan Burhanudin (Aan), Senin (09/10/2023), saat silaturahmi dan ramah tamah dalam rangka Hari Jadi Kota Manggar ke-152 tahun 2023 di Ruang Pertemuan H Thalib Syarif Kantor Camat Manggar, Beltim.

Namun saat ini Aan menyayangkan kondisi Kota Manggar yang sudah jauh berubah dari masa keemasannya. Menurutnya, kemunduran tersebut dikarenakan banyaknya aset dan objek di Kota Manggar yang terbengkalai atau ditelantarkan begitu saja. Padahal objek tersebut bisa menjadikan Kota Manggar lebih indah, tertata bahkan jadi pendongkrak ekonomi bagi masyarakat.

“Kalau sekarang ini ada semacam kemunduran. Kota Manggar yang dulu pada masa kejayaan PT Timah menjadi kota yang menarik, indah dan tertata dengan baik. Kayak Pelabuhan Manggar, Galangan Kapal Manggar, Pelataran Bukit Samak dan lapangan golf. Itu semua terbengkalai, harusnya jika bisa dikelola dan ditata dengan baik jadi sarana pendongkrak ekonomi masyarakat”, ungkap Aan.

Aan mengakui terbengkalainya berbagai objek tersebut dikarenakan terkendala status kepemilikan lahan yang memang sudah dimiliki oleh perusahaan maupun perorangan. Hal ini membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim tidak memiliki kesempatan untuk memanfaatkan lahan-lahan tersebut.

“Sebagai kepala daerah saya memohon dengan sangat dan hormat kepada masing-masing pihak, tolonglah bantu rakyat kami, bantu Pemkab Beltim untuk kita membangun objok-objek yang sangat bagus tersebut agar dapat mengembangkan ekonomi masyarakat”, sebut Aan.

Di usia ke-152 tahun ini, Aan berharap Kota Manggar senantiasa dapat menjaga dengan baik keamanan, ketertiban dan kebersihan yang selama ini sudah terbina.

“Jadikan Kota Manggar sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Harmonisasi, sinegritas kekompakan masyarakat di sini sangat luar biasa dan yang paling penting yuk kita jaga kebersamaan itu dengan baik apalagi jelang tahun politik”, tukas Aan.