Harga Kebutuhan Naik, Jumlah Paket Sembako Bersubsidi Tahun 2024 Berkurang

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Meskipun jumlah anggaran yang digunakan tetap sama, namun pada tahun 2024 ini jumlah keluarga penerima program Operasi Pasar Murah (OPM) Bersubsidi Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2023 lalu.

Hal tersebut diakui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Beltim, Ferry Irwan melalui Kepala Bidang Perdagangan, Suparta yang mengatakan jika jumlah paket yang didistribusikan dalam kegiatan OPM Bersubsidi tahun 2024 berkurang.

Menurut Suparta, pada tahun 2023 lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim mendistribusikan sebanyak 10.400 paket sembako bersubsidi kepada warga tak mampu di 7 kecamatan.

Sedangkan tahun 2024 ini, Pemkab Beltim hanya mendistribusikan sebanyak 8.150 paket sembako bersubsidi kepada warga tak mampu yang tersebar di 7 kecamatan.

Namun Suparta membantah jika hal tersebut dikarenakan adanya pengurangan anggaran untuk kegiatan OPM Bersubsidi di tahun 2024 ini.

“Jumlah anggaran untuk kegiatan Operasi Pasar Murah Bersubsidi ini tetap sama, yakni sekitar Rp.1,3 Milyar, yang berubah hanya harga bahan kebutuhannya, hampir semuanya naik terutama beras”, ungkap Suparta saat acara Launching OPM Bersubsidi tahun 2024 di halaman Terminal Manggar, Selasa (26/03/2024).

Suparta menjelaskan jika di tahun 2023 lalu harga satu paket sembako bersubsidi yang berisi 5 Kilogram beras premium, 1 Kilogram gula pasir, 2 Liter minyak goreng dan 1 Kilogram tepung terigu hanya Rp.124.500. Sedangkan pada tahun 2024 ini melonjak naik menjadi Rp.134.000.

“Jumlah barangnya sama, tapi harganya tidak sama lagi. Jadi kita terpaksa mengurangi jumlah warga yang menerima, namun tetap ini hanya untuk keluarga yang masuk dalam kategori miskin ekstrem, masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE)”, jelas Suparta.

Selain itu, harga jual tiap paket juga mengalami peningkatan dari sebelumnya Rp.33.600 di tahun 2023, menjadi Rp.37.400 di tahun 2024. Walau begitu jumlah subsidi dari Pemkab Beltim untuk setiap paket juga ikut meningkat.

“Tahun lalu setiap paket kita hanya mensubsidi lebih kurang Rp.90.900. Tahun ini nilai subsidinya kita tambah menjadi Rp.96.600″, pungkas Suparta. (***)

Rel : Diskominfo SP Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…