Pemotongan Pita Menandai Dimulainya Festival Mancing Bebulus Desa Pegantungan

BELITUNG, pradivanews.com – Festival Mancing Bebulus Desa Pegantungan secara resmi dibuka Sekda Pemkab Belitung MZ Hendra Caya ditandai dengan pemotongan pita, Senin (08/05/2023), bertempat di lapangan depan Kantor Desa Pegantungan.

Dalam sambutannya Hendra Caya mengapresiasi kegiatan Festival Mancing Bebulus yang diselenggarakan Pemdes Pegantungan, yang merupakan bentuk pelestarian tradisi dan kearifan lokal yang digemari masyarakat sejak lama.

“Ini tradisi masyarakat Belitung yang harus terus dilestarikan dan dibudayakan”, sebut Hendra Caya.

Melalui kegiatan ini Hendra Caya berharap tidak hanya sekedar memperkenalkan potensi wisata yang ada di Desa Pegantungan, tetapi juga menarik minat wisatawan untuk turut serta dalam kegiatan festival tersebut.

“Mudah-mudahan kedepan Festival Mancing Bebulus ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat lokal saja, tetapi juga oleh wisatawan yang berkunjung ke Belitung”, ungkap Hendra Caya.

Sementara itu Kades Pegantungan Ahid mengatakan, Festival Mancing Bebulus dijadwalkan sejak tanggal 8 Mei hingga 14 Mei 2023 mendatang. Panitia menyiapkan hadiah jutaan rupiah bagi para pemenang.

Dikatakan Ahid, minat masyarakat untuk mengikuti Festival Mancing Bebulus sangat tinggi, sehingga pihaknya terpaksa membatasi jumlah peserta dengan alasan untuk menjaga keselamatan. Hal tersebut mengingat keterbatasan jumlah panitia.

“Antusias masyarakat luar biasa, peserta yang sudah mendaftar sebanyak 200 orang, itu pun terpaksa harus  kami batasi”, kata Ahid.

Ahid mengungkapkan kegiatan Festival Mancing Bebulus tahun 2023 mengangkat tema pelestarian kearifan lokal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa menuju Desa Pegantungan yang maju dan bermartabat.

Ditambahkannya, kegiatan Festival Mancing Bebulus juga akan dimeriahkan dengan kegiatan bazar yang menampilkan berbagai produk UMKM dari Desa Pegantungan.

“Saya juga berharap melalui festival ini tidak hanya melestarikan tradisi tetapi juga mendorong perekenomian masyarakat melalui bazar UMKM”, pungkas Ahid. (rel)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦