PKS Kabupaten Belitung Merupakan Partai Pertama Yang Menyerahkan Berkas Pengajuan Bakal Calon DPRD Kabupaten

BELITUNG, pradivanews.com – Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Belitung, Senin (08/05/2023), menyerahkan berkas Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Belitung pada Pemilihan Umum tahun 2024 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung.

Kehadiran rombongan pengurus DPD PKS Kabupaten Belitung yang dipimpin langsung Ketua DPD PKS Kabupaten Belitung sekitar pukul 15.30 WIB di Kantor KPU Kabupaten Belitung ini, diterima oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Belitung.

Sebelum penyerahan berkas, acara yang berlangsung di ruang rapat KPU Kabupaten Belitung ini diawali dengan menyanyikan lagu Mars PKS. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua DPD PKS Kabupaten Belitung, dan sambutan Ketua KPU Kabupaten Belitung.

Berkas Pengajuan Bakal Calon diserahkan langsung Ketua DPD PKS Kabupaten Belitung Agustin, dan diterima oleh Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan, serta disaksikan Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Heikal Fackar. Setelah itu, Ketua KPU Kabupaten Belitung memberikan cindera mata berupa boneka maskot Pemilu tahun 2024 kepada Ketua DPD PKS Kabupaten Belitung.

Kepada sejumlah awak media, Ketua DPD PKS Kabupaten Belitung Agustin mengatakan, dipilihnya tanggal 8 sebagai hari penyerahan berkas Pengajuan Bakal Calon merupakan arahan dan instruksi yang dikeluarkan DPP PKS. Penyerahan berkas Pengajuan Bakal Calon ini dilakukan serentak secara nasional oleh seluruh pengurus di tiap tingkatan, baik oleh DPW maupun DPD.

PKS Kabuoaten Belitung

“Seperti kita ketahui bersama, PKS inikan nomor urutnya 8 sebagai peserta Pemilu, jadi ini sebagai langkah untuk memanfaatkan momen pada saat pendaftaran. Dari tanggal 1 sampai 14 Mei itu kan ada tanggal 8, dan angka 8 ini adalah nomor urut PKS. Ini guna menguatkan memori kita semua bahwa PKS itu adalah partai peserta Pemilu dengan nomor urut 8”, kata Agustin.

Mengacu kepada aturan yang tertuang dalam PKPU tentang pencalonan, Agustin menyebutkan pihaknya sudah berupaya optimal dalam melengkapi syarat administrasi pencalonan dan syarat calon sebelum jadwal penyerahan berkas Pengajuan Bakal Calon DPRD Kabupaten.

“Selanjutnya usai penyerahan ini kami menunggu hasil dari tim verifikator KPU Kabupaten Belitung, terkait kelengkapan serta keabsahan berkas dan dokumen yang sudah diajukan, untuk kemudian dilakukan perbaikan”, sebut Agustin yang menargetkan DPD PKS Kabupaten Belitung untuk meraih satu kursi di setiap Dapil.

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua KPU Kabupaten Belitung ini juga mengakui adanya perbedaan dalam mekanisme Pengajuan Bakal Calon pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024, dimana partai politik selaku peserta pemilu diharuskan mengupload data dan dokumen pencalonan ke dalam aplikasi Silon.

“Memang di Pemilu tahun 2024 ini berbeda, kita diharuskan mengupload data dan dokumen ke aplikasi silon, dan ini memang cukup melelahkan. Tapi Alhamdulillah, semuanya bisa kita penuhi dengan mengacu kepada PKPU tentang pencalonan. Untuk quata Bacaleg kami di 4 Dapil ini Alhamdulillah juga terpenuhi dengan jumlah 25 orang, termasuk keterwakilan perempuannya”, ujar Agustin.