oleh

Gelar Acara Ngelakar Gawai G20, Pemerintah Pusat Apresiasi Persiapan Jelang Pertemuan G20 di Pulau Belitong

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jumat (19/08/2022) sore, menghadiri acara Ngelakar Gawai G20 yang berlangsung di Guest House Rumah Dinas Bupati Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Selain Penjabat Gubernur, hadir juga dalam acara Ngelakar Gawai G20 ini Staf Khusus Kementerian PPN /Bappenas, Ervan Maksum, Bupati Belitung Sahani Saleh, Bupati Beltim Burhanudin, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Beltim Bayu Priyambodo, tokoh masyarakat dan tokoh adat, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

BACA JUGA: Desa Keciput Dipilih Sebagai Mitra dari Program BRI Menanam

Dalam kesempatan tersebut, Staf Khusus Kementerian PPN /Bappenas, Ervan Maksum mengapresiasi persiapan pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 Presidensi Indonesia di Pulau Belitong pada tanggal 7 hingga 9 September 2022 mendatang.

“Persiapan pelaksanaan G20 di Pulau Belitung ini ceklistnya panjang sekali dan kita lihat sampai dengan sekarang semuanya sudah bisa diselesaikan. Tentunya ini luarbiasa peran dari semua pihak”, sebut Ervan.

Ervan mengatakan, terpilihnya Pulau Belitong menjadi salah satu tuan rumah G20 patut dibanggakan sebagai sarana untuk memperkenalkan pariwisata dan produk unggulan Indonesia kepada dunia internasional, sehingga diharapkan dapat turut menggerakkan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA: Teh Daun Kelor Pak Cik Belitung Dikunjungi Tim Auditor LPPOM MUI Babel

“Pertemuan G20 merupakan momentum yang sangat berharga, dan Indonesia menjadi sorotan dunia. Kita lihat apa yang membedakan kegiatan G20 di Bali, Jakarta, Yogyakarta dan Pulau Belitung? Di tiga kota itu diserahkan ke EO, tapi di Pulau Belitung keterlibatan masyarakatnya sangat antusias dan luarbiasa. Kita yakin dengan kahangatan masyarakat Belitong atas kesiapannya, kita bisa mensukseskan event G20 dengan baik dan lancar”, ungkap Ervan.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin menilai event G20 yang digelar di Pulau Belitong akan membawa semangat kebersamaan bagi seluruh masyarakatnya.

“Buat saya Pulau Belitong adalah satu kesatuan, jangan ada nuansa kegiatan G20 ini hanya kegiatan di Belitung saja, tapi Belitung Timur juga terlibat sama aktifnya. Keseimbangan itu kita upayakan secara luas dengan upaya melibatkan masyarakat di Pulau Belitong guna menyukseskan G20″, kata Ridwan.

BACA JUGA: Koordinator Sekretariat Bawaslu Belitung Terima Penghargaan dari Presiden

Masih menurut Ridwan, upaya mengajak keterlibatan seluruh elemen masyarakat sangat penting karena tamu yang hadir di Pulau Belitong bisa mencapai 1000-an orang.

“Kita masih punya waktu sekitar 2 minggu lagi. Untuk tamu delegasi yang datang ke Belitung sudah ditangani pemerintah pusat. Yang kita antisipasi 1000-an orang yang datang selain menghadiri acara penting, mereka juga akan keliling dan ingin melihat keindahan Pulau Belitong. Artinya kita siapkan masyarakat kita untuk menyambut kehadiran mereka”, ujar Ridwan.

Lebih lanjut dikatakan Ridwan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, Pemkab Belitung, Pemkab Beltim dan pemangku kepentingan terkait berbagai persiapan, mulai dari persiapan bandara, penerbangan, akomodasi, venue acara, akomodasi dan transportasi delegasi, fasilitas kesehatan, infrastruktur, pariwisata hingga pada kesiapan masyarakat.

BACA JUGA: Paskibraka Belitung 2022 Tunaikan Tugas dengan Tuntas, Upacara Penurunan Juga Sukses

Bupati Beltim Burhanudin (Aan) dalam acara Ngelakar Gawai G20 tersebut mengatakan, Pemkab Beltim akan terus memberi dukungan optimal dalam melancarkan penyelenggaraan G20.

“Kami (Beltim) tetap mendukung dan sepakat, para tamu yang datang bisa menikmati semua wilayah yang ada di Pulau Belitong dengan UMKM-nya, wisata dan lainnya. Selama G20 berlangsung di Belitung, kita bersama masyarakat saling bersinergi untuk kesuksesan event G20″, beber Aan.

Senada, Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) juga mengatakan, bahwa pertemuan G20 di Belitung merupakan hadiah istimewa dari pemerintah kepada masyarakat Pulau Belitong.

“ini merupakan hadiah istimewa untuk masyarakat Pulau Belitong, sehingga nanti Pulau Belitong lebih dikenal dunia”, pungkas Sanem. (rel)

BACA JUGA: Akhirnya Warga di Pantai Kuale Tambak Beltim Menikmati Aliran Listrik

judul gambar