oleh

Akhirnya Warga di Pantai Kuale Tambak Beltim Menikmati Aliran Listrik

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin, Senin (15/08/22), meresmikan Program Listrik Masuk Desa di kawasan Pantai Kuale Tambak Desa Suka Mandi, Kecamatan Damar, Beltim. Peresmian ditandai dengan penekanan stop kontak oleh Burhanudin dan disaksikan tamu undangan serta warga masyarakat.

Hadir dalam acara peresmian Listrik Masuk Desa ini antara lain, Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Zarkani Mukri, Manajer Keuangan Umum dan Komunikasi PLN Wilayah Kepulauan Babel Septa Aryo, Anggota DPRD Beltim Asin, Plt Camat Damar Arief serta Pj Kades Suka Mandi.

Manajer Keuangan Umum dan Komunikasi PLN Wilayah Kepulauan Babel Septa Aryo mengatakan, Program Listrik Masuk Desa merupakan wujud nyata PLN mendukung pemerintah daerah dalam pengembangan ekonomi dan pariwisata di Desa Suka Mandi.

Baca Juga: Besok 32 Calon Paskibraka Belitung Tahun 2022 Akan Dikukuhkan

“Program ini merupakan salah satu komitmen PLN untuk mendukung Pemda, terutama Pemkab Beltim melalui Belitung Timur Terang Benderang. Lewat Listrik Masuk Desa ini, juga mendukung pengembangan perekonomian dan pariwisata yang ada di Desa Suka Mandi”, ungkap Septa.

Septa Juga mengatakan, investasi yang dikucurkan PLN pusat dalam Program Listrik Masuk Desa di Pantai Kuale Tambak kurang lebih Rp 3 milyar. Anggaran tersebut dipergunakan untuk pemasangan jaringan dan tiang sepanjang 5,6 Kilometer. Dan saat ini baru 17 rumah warga yang memasang Kwh sebagai pelanggan.

“Satu tiang saja butuh sekitar Rp 30 jutaan, kurang lebih sepanjang 5,6 kilo itu ada 100 lebih tiang yang kita pasang dari depan (jalan utama,red) sampai masuk ke dalam sini”, sebut Septa.

Baca Juga: Spoofing, Salah Satu Bentuk Kejahatan Online yang Sangat Berbahaya dan Wajib Dipahami

Dengan besarnya investasi yang dikucurkan, Septa berharap agar program tersebut akan memiliki imbas yang positif, terutama bagi pengembangan pariwisata di Pantai Kuale Tambak dan investasi di sekitarnya.

“Mudah-mudahan nanti pelanggan kita di sini akan bertambah. Dengan adanya listrik, daerah ini dapat berkembang, terus juga akan banyak usaha atau investasi lain yang akan masuk ke sini”, harapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Suka Mandi yang sudah menjadi pelanggan PLN di kawasan Pantai Kuale Tambak, Zarkani Mukri mengaku sudah sekitar 12 tahun menunggu jaringan listrik masuk ke Pantai Kuale Tambak.

“Kita ngajukan sejak 2012 lalu, jaman saya masih Wakil Bupati. Memang karena butuh biaya besar jadi agak sulit”, kata Zarkani.

Baca Juga: Puting Beliung Hantam Tiga Rumah Warga, DSPPPA Kerahkan Tagana

Namun menurutnya, berkat bantuan Bupati Beltim Burhanudin akhirnya Pemerintah Desa Suka Mandi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, hingga keluarga Besar Basuki Thahaja Purnama, serta warga Desa Suka Mandi terutama yang bermukim di kawasan Pantai Kuale Tambak dapat menikmati aliran listrik.

“Alhamdulillah, terima kasih buat Bupati, Pemkab Beltim dan pihak-pihak yang sudah membantu kami, sehingga pantai kami sekarang punya jaringan listrik”, pungkas Zarkani. (rel)

Baca Juga: Kelompok HKm Seberang Bersatu Berharap Program PEN Mangrove Kembali Berjalan

judul gambar