oleh

Desa Keciput Dipilih Sebagai Mitra dari Program BRI Menanam

judul gambar

BELITUNG, pradivanews.com – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Tanjungpandan, Sabtu (20/08/2022), secara simbolis menyerahkan bibit tanaman produktif kepada pihak Desa Keciput Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Penyerahan bibit tanaman produktif dari Program BRI Menanam ini diterima langsung oleh Kepala Desa (Kades) Keciput.

Penyerahan sekaligus penanaman secara simbolis bibit tanaman produktif yang berlangsung di halaman Kantor Desa Keciput ini, dilakukan oleh Regional CEO RO Palembang Wahyudi Darmawan, didampingi Branch Manager BRI Tanjungpandan Yanri Eka Putra, dan Kepala Unit BRI Pasar Bawah Adi Wijaya.

Dalam kesempatan tersebut, Kades Keciput Pratiwi Perucha (Ucha) mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Program BRI Menanam yang sedang dijalankan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak BRI yang sudah memilih Desa Keciput sebagai mitra dari kegiatan Program BRI Menanam tersebut.

BACA JUGA: Teh Daun Kelor Pak Cik Belitung Dikunjungi Tim Auditor LPPOM MUI Babel

“Atas nama masyarakat Desa Keciput, saya selaku Kepala Desa sangat mengapresiasi kegiatan BRI ini, serta kami ucapkan terima kasih telah memilih desa kami sebagai mitra dari kegiatan ini. Jadi tadi, sudah kami terima secara simbolis tanaman produktif jenis Jambu Jamaika, Alpukat dan Lengkeng,’ sebut Ucha.

Desa Kecipu

Lebih lanjut Ucha mengatakan, Program BRI Menanam tersebut sejalan dengan program Desa Keciput, yang ingin merambah jenis wisata lainnya selain wisata Bahari. Sejauh ini menurutnya, Desa Keciput masih memiliki cadangan lahan seluas 300 hektar lebih, yang bisa dimanfaatkan untuk penanaman tananam produktif tersebut.

“Ini sangat sejalan dengan program kami, karena ke depannya nanti kami tidak hanya dikenal dengan wisata baharinya, tetapi ada wisata buah-buahan atau agrowisata. Nah terkait dengan ini, nanti yang akan mengelolanya itu pihak desa berkolaborasi dengan kelompok-kelompok tani yang ada di desa kami”, ungkap Ucha.

BACA JUGA: Desa Pegantungan Resmi Dicanangkan sebagai Desa Bersih Narkoba (Bersinar)

Terpisah, Regional CEO RO Palembang Wahyudi Darmawan mengatakan, kegiatan dalam rangka mendukung implementasi program Enviroment, Sosial, dan Governance (ESG) BRI, maka Kantor Pusat BRI menginisiasi Program BRI Menanam yang akan diselenggarakan dengan melibatkan Regional Office BRI Selindo dan Unit Kerja Operasionalnya.

“BRI Menanam merupakan inisiatif Direktorat Mikro BRI untuk mendukung implementasi konsep ESG melalui aktivitas penanaman tanaman produktif, dapat berupa tanaman keras buah-buahan atau tanaman keras jenis lainnya, hortikultura atau sayuran, yang fungsinya dapat mengurangi emisi karbon di lokasi yang sudah ditetapkan”, kata Wahyudi.

Wahyudi juga menjelaskan, sasaran mitra dari Program BRI Menanam tersebut yakni lahan umum milik desa yang dapat dimanfaatkan untuk lokasi penanaman pohon seperti ruang terbuka hijau desa, taman atau fasilitas umum desa, sempadan sungai kecil, bahu jalan, serta lahan desa lainnya.

BACA JUGA: Bupati Belitung Serahkan Rumah Layak Huni Baznas Kepada Warga Kategori Kurang Mampu

“Bisa juga lahan atau pekarangan Nasabah KUR BRI Unit, baik realisasi baru maupun existing, dengan syarat kolektibilitas fasilitas KUR lancar. Nanti disesuaikan jenis tanaman produktifnya, disesuaikan dengan potensi atau agroekologi masing-masing wilayah”, jelas Wahyudi.

Desa Keciput

Masih menurut Wahyudi, Program BRI Menanam secara perdana di Kabupaten Belitung dilakukan di Desa Keciput Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Selanjutnya, Program BRI Menanam tersebut akan dilanjutkan ke desa-desa lainnya baik itu di Kabupaten Belitung maupun di Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

“Untuk Desa Keciput sendiri, kami siapkan sebanyak 450 tananam produktif dari berbagai jenis. Setelah di Desa Keciput, Program BRI Menanam ini akan berlanjut ke desa lainnya. Ada 7 desa yang akan kami pilih sebagai mitra dari Program BRI Menanam ini”, pungkas Wahyudi. (yab)

BACA JUGA: Adi Wijaya Terpilih Sebagai Ketum KONI Kabupaten Belitung Masa Bakti 2022-2026