oleh

Teh Daun Kelor Pak Cik Belitung Dikunjungi Tim Auditor LPPOM MUI Babel

BELITUNG, pradivanews.com – Rumah produksi Teh Daun Kelor Pak Cik Belitung di Desa Air Seru Kecamatan Sijuk, Jumat (19/08/2022), dikunjungi Tim Auditor dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kedatangan Tim Auditor LPPOM MUI Babel tersebut dalam rangka meninjau dan melihat secara langsung proses produksi Teh Daun Kelor Pak Cik Belitung. Selain itu, kunjungan Tim Auditor juga bertujuan untuk mengaudit administrasi, rumah produksi dan produk UMKM yang dihasilkan berupa Teh Daun Kelor tersebut.

Haryanto selaku pengelola UMKM dari Produk Teh Daun Kelor Pak Cik Belitung mengatakan, Tim Auditor dari LPPOM MUI Provinsi Babel yang datang tersebut, mengunjugi kebun Daun Kelor miliknya serta melihat secara langsung proses Daun Kelor dikelola hingga menjadi produk daun teh.

“Alhamdulillah dan terimakasih atas kehadiran tim dari Audit LPPOM MUI Provinsi Babel, yang telah datang ke kebun dan rumah produksi kami. Ini langkah positif menuju proses dan sertifikasi Halal produk Daun Kelor Pak cik Belitung. Hal ini, menuju ketahanan pangan yang berkarakter (Halal,red)”, ungkap Haryanto saat dihubungi, Sabtu (20/08/2022) sore.

BACA JUGA: Koordinator Sekretariat Bawaslu Belitung Terima Penghargaan dari Presiden

Haryanto yang juga menjabat sebagai Ketua Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) wilayah Pulau Belitong yang mengkoordinir Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Tim Audit LPPOM MUI Babel tersebut. Hal ini menurutnya, akan menambah semangat dan memotivasi produk kawan-kawan pelaku UMKM Pulau Belitong.

“Selaku Ketua Gemawira wilayah Pulau Belitong, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Info yang saya dapat, dalam seminggu ini Tim Auditor dari LPPOM MUI Babel yang datang akan mengunjungi sekitar 100-an UMKM yang ada di Kabupaten Belitung, termasuk 10 UMKM yang ada di Pulau Mendanau Kecamatan Selat Nasik”, sebut Haryanto.

BACA JUGA: Ecoprint, Peluang Bisnis Baru Berbasis Ramah Lingkungan Merambah Selat Nasik

Sementara itu, salah seorang anggota Tim Auditor LPPOM MUI Babel, Istanty Iswarin mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh LPPOM MUI Babel tersebut guna memeriksa dan mensurvey beberapa UMKM yang ada di kabupaten Belitung, meliputi Kecamatan Sijuk, Tanjungpandan, Selat Nasik dan Membalong.

“Hal ini agar UMKM yang ada bisa memenuhi standar dan syarat pemeriksaan sertifikasi Halal dan sistem jaminan Halal pada usaha produksi yang mereka lakukan. Kalau timnya, ada yang datang dari Bangka dan ada tim auditor dari Belitung”, kata Istanty saat dihubungi via telpon. (yab)

judul gambar