Bawaslu Belitung Buka Pendaftaran PKD Pilkada Serentak Tahun 2024

BELITUNG, pradivanews.com – Dalam rangka menjalankan tahapan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung membuka pendaftaran Calon Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) bagi putra-putri di Kabupaten Belitung.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar (Aris) perekrutan PKD Pilkada serentak tahun 2024 mengacu kepada Surat Keputusan (Sk) Bawaslu RI Nomor 215/HK.01.01/05/2024 tentang Pedoman Pelakasanaan Pembentukan Panitia Pengawas Kelurahan/Desa untuk Pemilihan tahun 2024.

Melalui SK Bawaslu RI tersebut disebutkan bahwa perekrutan PKD untuk Pilkada serentak tahun 2024 diawali dengan tahapan pengumuman pendaftaran yang dijadwalkan pada tanggal 17 Mei 2024. Kemudian dilanjutkan dengan jadwal penerimaan berkas pada tanggal 18 hingga 21 Mei 2024.

“Oleh sebab itu, pada Jum’at malam ini juga kami langsung begerak cepat untuk membuat dan mengedarkan pengumuman pendaftaran PKD melalui Web Bawaslu Belitung, serta melalui media online maupun media koran yang ada di Kabupaten Belitung”, sebut Aris, Jum’at (17/05/2024) malam.

Aris mengungkapkan, mengingat Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pilkada serentak tahun 2024 belum terbentuk, maka tahap awal berkaitan dengan penerimaan berkas pendaftaran PKD diambil alih Bawaslu kabupaten/kota sesuai dengan poin A yang tertuang dalam SK Bawaslu tentang kewenangan pembentukan dan penetapan.

“Jadi, dalam hal belum terbentuk Panwaslu kecamatan, Bawaslu kabupaten/kota sebagai jajaran Pengawas Pemilu satu tingkat di atasnya dapat melakukan pengambilalihan proses pembentukan sampai dengan Panwaslu Kecamatan terbentuk sehingga dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya kembali”, ungkap Aris.

Ditambahkan Aris, tes wawancara calon PKD sesuai jadwal akan dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 Mei 2024. Tes wawancara tersebut akan dilakukan oleh Panwascam, mengingat pada tanggal tersebut Panwascam Pilkada serentak tahun 2024 sudah terbentuk dan dilantik. Selanjutnya PKD untuk 49 kelurahan/desa tersebut akan dilantik paling lambat tanggal 2 Juni 2024 mendatang.

“Untuk lebih jelasnya terkait syarat dan ketentuan bisa dicek melalui web Bawaslu Belitung, atau bisa juga datang langsung ke kantor Bawaslu Belitung, nanti ada petugas yang akan melayani calon peserta. Kami sangat berharap partisipasi putra-putri terbaik Belitung untuk ambil bagian mengikuti rekrutmen PKD ini”, pungkas Aris. (***)

Reporter : Yudi AB
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦