Kemendagri Minta Pemda Alokasikan Anggaran Untuk Pengembangan SDM

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas utama dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional tahun 2025-2045. Oleh sebab itu Pemerintah Daerah harus memberikan perhatian lebih bagi pengembangan dan peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) atau SDM yang ada di daerah.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugeng Hariyono, Kamis (22/02/2024), saat menjadi narasumber Rapat Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Rakomwil Forsesdasi) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tahun 2024 di Auditorium Zahari MZ Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Penekanan tersebut disampaikan Sugeng kepada para Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Bappeda dan Inspektorat yang hadir sebagai peserta kegiatan Rakomwil Forsesdasi Provinsi Babel tahun 2024.

“Dalam Undang-Undang ASN nomor 20 tahun 2023, fungsi ASN nomor satu adalah sebagai pelaksana kebijakan publik. Kebijakan publiknya sudah bagus, tinggal bagaimana membuat pelaksanaan kebijakan itu harus berkualitas”, ungkap Sugeng.

Untuk itulah Sugeng berpesan agar pemerintah daerah dapat mengalokasikan anggaran sekurang-kurangnya 0,34 persen dari total belanja di APBD Provinsi dan minimal 0,16 persen APBD kabupaten/kota untuk pengembangan kompetensi ASN.

“Itu hanya pengembangan kompetensi semisal untuk bimbingan teknis, diklat dan lain sebagainya. Di luar gaji dan pemiliharan”, lanjut Sugeng.

Yang kedua, Sugeng berpesan agar dalam pengembangan SDM harus dilakukan Satu Pintu. Maksudnya agar dalam mengembangkan kompetensi pegawai harus sesuai dengan kebutuhan organisasi.

“Jadi tidak asal melaksanakan berbagai jenis diklat, tetapi harus sesuai dengan berbagai kebutuhan. Terus kita minta kalau anggaran pengembangan SDM itu sudah ada kita minta kepada Sekda agar tidak lagi direfocussing”, pungkas Sugeng. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…