Penuhi Undangan Pemkab Beltim, Wamen Desa PDT dan Transmigrasi Berpesan Agar Kades Jangan Tabrak Aturan

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamen Desa, PDT dan Transmigrasi) Prof. Dr. Paiman Raharjo berpesan kepada para kepala desa (kades) se-Kabupaten Belitung Timur (Beltim) agar tidak menabrak ketentuan dan aturan yang berlaku dalam membangun dan mengembangkan desanya.

Hal ini diungkapkan Paiman Raharjo, Sabtu (21/10/2023), dalam kunjungan kerjanya untuk memenuhi undangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim. Dalam kesempatan ini Paiman Raharjo memberikan pembinaan serta dialog dengan para kades dan perangkat desa se-Kabupaten Beltim di Objek Wisata Water Boom Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar.

Dalam pembinaan tersebut, Paiman Raharjo menekankan agar para kades di wilayah Kabupaten Beltim, dapat terus berkreasi dan berinovasi untuk membangun desa masing-masing. Ia juga mengingatkan agar semua itu harus sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku, walaupun kreativitas kades tersebut sangat bagus namun bertentangan dengan aturan tetap tidak boleh dilakukan.

“Kepala Desa harus pandai membuat program prioritas yang sesuai dengan lingkup alokasi anggaran masing-masing. Misalnya dana desa, ajukan sesuai itu jangan menyalahi kewenangan, ketentuan dan aturan yang ada. Pertama sesuaikan dengan kewenangan desa, lalu sesuaikan dengan aturan dan kondisi objektif”, sebut Paiman Raharjo.

Paiman Raharjo yang didampingi Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Sugito ini juga berpesan agar Pemerintah Desa dapat selalu berpegang pada regulasi dan kebijakan dalam menerapkan inovasi dan kreatifitas di desa.

“Desa harus punya data pokok masalah apa yang ada. Terus potensi apa yang perlu dikembangkan. Kreatifitas dan inovasi harus ada, namun jangan sampai nabrak aturan”, tambah Paiman Raharjo.

Usai berdialog, rombongan Wamen melihat pameran UMKM Desa dan meninjau Objek Wisata Water Boom, serta menikmati makan siang dengan cara bedulang di pondok-pondok Objek Wisata Water Boom Desa Mekar Jaya. Selanjutnya, rombongan meninjau hasil pembangunan dari anggaran dana desa di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, yakni kandang ayam BUM Desa Sedulang Jaya.