Alami Kerugian Hingga Ratusan Juta, Pemerintah Desa Air Selumar Minta Pertanggung Jawaban Direktur BUMDES

BELITUNG, pradivanews.com – Alami kerugian hingga 275 Juta Rupiah, Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Air Selumar, beberapa waktu lalu ditolak Pemerintah Desa (Pemdes) Air Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa (Kades) Air Selumar, Mahdani saat dikonfirmasi awak media. Menurut Mahdani, pihaknya sempat menolak LPJ Direktur BUMDES Air Selumar, Gilang Ramadhan dikarenakan penggunaan dana desa sebesar 510 Juta Rupiah dianggap tidak sesuai.

“Terkait penggunaan dana desa yang dipergunakan BUMDES, sudah dibuatkan LPJ-nya, namun ditolak karena kami anggap tidak sesuai”, Kata Mahdani, Rabu (10/05/2023).

Masih menurut Mahdani, dirinya tidak mengetahui secara rinci terkait penggunaan dana desa oleh BUMDES Air Selumar, dikarenakan ia baru menjabat sebagai Kades Air Selumar.

“Untuk secara rincinya saya kurang tahu, karena saya baru menjabat sebagai Kades”, sebut Mahdani.

Sementara itu Sekretaris Desa (Sekdes) Air Selumar, Deki kepada awak media menjelaskan bahwa BUMDES Air Selumar mulai beroperasi sejak tahun 2017 hingga berhenti pada tahun 2021 dikarenakan musibah banjir.

“BUMDES mulai tahun 2017, berhenti tahun 2021 dengan alasan banjir, barang-barang hilang (dicuri) serta kadaluarsa. Ada beberapa jenis usaha yang dilakukan BUMDES diantaranya, Berkah Mart, BRI Link dan Gas”, jelas Deki.

Lebih lanjut Deki mengungkapkan, usaha Berkah Mart yang dikelola BUMDES juga mendapat bantuan dari Gubernur Babel sebesar 100 Juta Rupiah. Dalam pelaksanaannya, 90 persen bantuan tersebut digunakan untuk BUMDES dan 10 persennya digunakan untuk keperluan Pemdes membeli laptop.

“Sedangkan dana penyerta dari desa di tahun 2017 sebesar 140 Juta Rupiah, dan di tahun 2018 sebesar 280 Juta Rupiah, jadi total dana yang digunakan BUMDES ini sebesar 510 Juta Rupiah”, ungkap Deki.

Deki menambahkan, Pemdes Air Selumar kembali akan melayangkan surat kepada Direktur BUMDES Air Selumar untuk segera melengkapi LPJ-nya, serta mengembalikan seluruh aset BUMDES dan Pemdes Air Selumar.

“Dalam waktu dekat Kami akan kembali melayangkan surat kepada BUMDES, agar segera melengkapi LPJ-nya serta mengembalikan semua barang-barang supaya bisa digunakan oleh pengurus yang baru”, pungkas Deki. (tim)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦