SMK Negeri 1 Sijuk Buka Program Keahlian Kuliner

BELITUNG, pradivanews.com – Memasuki tahun ke-4, SMK Negeri 1 Sijuk menambah satu Program Keahlian yakni Program Keahlian Kuliner atau Tata Boga. Dengan bertambahnya satu Program Keahlian ini, maka SMK Negeri 1 Sijuk di tahun pelajaran 2023/2024, sudah memiliki tiga Program Keahlian yakni Perhotelan, Usaha Layanan Pariwisata (ULP) dan Kuliner (Tata Boga).

Kepala SMK Negeri Sijuk, Bismi mengatakan pembukaan Program Keahlian Kuliner sudah mendapat izin dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Izin tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Nomor : 188.4/5/SK/DINDIK/2023 tentang Izin Operasional Pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada SMK/MAK Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Kuliner Konsentarai Keahlian Kuliner pada SMK Negeri 1 Sijuk.

“Kalau tahun sebelumnya hanya 2 pilihan program keahlian yakni Perhotelan dan UPW, maka di tahun ajaran baru ini ada satu tambahan pilihan yakni Kuliner atau Tata Boga”, sebut Bismi.

Masih menurut Bismi, pembukaan Program Keahlian Kuliner sudah melalui kajian matang dari pihak sekolah melalui survey ke-4 SMP Negeri terdekat yang berada di Kawasan Kecamatan Sijuk.

Survey dilakukan dengan cara menyebarkan angket atau quesioner langsung ke peserta didik, hasilnya peserta didik SMP yang memilih jurusan Kuliner (Tata Boga) menempati porsentase terbesar.

“Jadi pembukaan jurusan ini sebagai upaya kami mengakomodir minat peserta didik SMP yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah, khususnya dari SMP SMP terdekat dengan SMK Negeri 1 Sijuk”, ungkap Bismi.

Bismi berharap dengan dibukanya Program Keahlian Kuliner di SMK Negeri 1 Sijuk tersebut dapat menambah pilihan program keahlian bagi peserta didik SMP yang sesuai dengan minatnya.

“Mudah-mudahan pembukaan program keahlian baru ini dapat memberi spirit baru bagi peserta didik SMP yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMK/SMA tahun ini, khususnya ke SMK Negeri 1 Sijuk”, pungkas Bismi. (rel)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…