MPK Smansa Tanjungpandan Gelar Pemutaran Film Pendek Karya Terbaik SAC 9, Ini Daftar Pemenangnya

BELITUNG, pradivanews.com – Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMA Negeri 1 (Smansa) Tanjungpandan, Sabtu (18/05/2024) malam, menggelar kegiatan pemutaran film pendek bertempat di lapangan Smansa Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Film pendek tersebut merupakan nominasi Smansa Aspiration Competition (SAC) 9 tahun 2024.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana SAC 9 Smansa Tanjungpandan, Khansa Nabilah Hidayat, film pendek yang diputar tersebut merupakan karya terbaik siswa-siswi Smansa Tanjungpandan yang masuk dalam nominasi pemenang berdasarkan penilaian oleh dewan juri.

“Jadi yang diputar malam ini ada 5 film pendek, yang merupakan karya terbaik, masuk dalam nominasi SAC 9. Tadi acara pemutarannya dimulai pukul 18.30 WIB di lapangan Smansa. Selain pemutaran film pendek, juga dilakukan penyerahan hadiah kepada masing-masing pemenang”, sebut siswi XI.3 ini kepada pradivanews.com, Sabtu (18/05/2024) malam.

Khansa mengungkapkan, SAC merupakan kegiatan rutin yang digelar MPK Smansa Tanjungpandan, dan tahun ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk ke-9 kalinya. Dikatakannya, acara SAC hanya berlangsung 1 hari, namun proses dari rangkaian perlombaannya berlangsung selama kurang lebih 2 bulan.

“Kalau SAC ini sendiri, sudah terbentuk dari angkatan-angkatan sebelumnya. Acaranya cuma 1 hari, namun waktu bagi peserta untuk menggaraf karya film pendeknya kurang lebih 2 bulan. Tapi dulu sewaktu Pandemi, sempat juga karyanya dalam bentuk poster”, ungkap Khansa.

Lebih lanjut Khansa menyatakan, SAC 9 ini diikuti oleh 16 peserta dari seluruh siswa-siswi Smansa Tanjungpandan, dimana karya berupa film pendek yang dilombakan tersebut dibuat per kelas. Sedangkan untuk pemenang SAC 9 berhak menerima hadiah berupa uang pembinaan, piagam, plakat dan selempang.

“Untuk juri SAC 9 tahun ini, kita melibatkan dari pihak luar sekolah yakni bapak Wisnu dan bapak Dedeik. Sedangkan juri dari pihak sekolah ada bapak Basri”, ujar Khansa.

Terpisah, Ketua Umum MPK Smansa periode 2023-2024, Galendean Fathin Pratama kepada media online pradivanews.com, Minggu (19/05/2024) siang, mengatakan SAC merupakan program kerja dari Komisi 2 MPK Smansa Tanjungpandan yang membidangi aspirasi.

“MPK ini merupakan organisasi yang memiliki tugas utama untuk mengawasi kinerja OSIS di setiap program kerjanya. Nah SAC 9 ini merupakan program kerja dari Komisi 2 bidang aspirasi, yang bertugas dalam hal menyerap serta menerima aspirasi dari warga Smansa”, kata siswa Kelas XI.5 ini.

Galen juga menambahkan, SAC digelar dengan tujuan untuk menyalurkan aspirasi siswa-siswi Smansa Tanjungpandan dalam bentuk karya berupa film pendek. Ia pun berharap, SAC bisa dijadikan sebagai studi tiru bagi sekolah lainnya untuk berani menghadapi aspirasi yang disalurkan siswa-siswinya.

“Selain itu, bagi masyarakat ini juga bisa dijadikan acara hiburan, sekaligus media informasi terkait bagaimana gambaran Smansa Tanjungpandan dalam menghadapi aspirasi siswa-siswinya”, pungkas Galen. (***)

PEMENANG SAC 9 MPK SMANSA TANJUNGPANDAN TAHUN 2024

  • Terbaik 1 : Kelas XI.3
  • Terbaik 2 : Kelas XI.2
  • Terbaik 3 : Kelas X.3
  • Juara Favorit : Kelas XI.3
  • Sutradara Terbaik : Resti Aprianti
  • Editor Terbaik : Nur Fadzly
  • Aktor Terbaik : Radithya Khadafi Ajie

Reporter : Yudi AB
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦