Bazar Ikan Murah, Total Penjualan Mencapai 955 Kg

BELITUNG, pradivanews.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Belitung, Minggu (09/10/2022), menggelar bazar ikan murah bertempat di Pantai Wisata Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan Belitung. Kegiatan bazar ikan murah DKP ini sukses dengan total penjualan mencapai 955 Kg ikan.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 06.30 hingga pukul 10.30 WIB dengan mengusung tema ‘Dengan Penanganan Ikan Yang Baik Kualitas Terjaga, Gizi Terjamin’ tersebut, disambut baik warga masyarakat karena harga jualnya dibawah harga pasar.

Kepala DKP Kabupaten Belitung Firdaus Zamri mengatakan, pelaksanaan bazar ikan murah ini bekerja sama dengan Unit pengelolaan Ikan (UPI) Kabupaten Belitung, antara lain PT Belitung Berkah Mandiri, PT Nelayan Mitra Mandiri, PT Samudra Mandiri Belitung, serta CV Indo Pacifik.

Baca Juga: Kejurda Gulat Senior se-Babel Dimulai, 60 Atlet Putera dan 18 Atlet Puteri Berlaga di Arena

“Ikannya bukan dari DKP, kita hanya menghimbau agar UPI turut serta meringankan beban masyarakat saat ini, dengan kondisi ekonomi yang inflasi. Jadi mereka berpartisipasi memberikan ikan ke kita, untuk dijual dengan harga dibawah pasar, dimulai harga termurah Rp 5.000, sampai harga tertinggi Rp 60.000”, sebut Firdaus.

Dikatakannya pula, bazar ikan murah dilaksankan dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), merupakan salah satu langkah Pemerintah Daerah dalam pencegahan stunting serta untuk pengendalian harga komoditas penyebab inflasi Belitung.

“Ikan yang dijual, ada jenis ikan Tenggiri, Bulat atau Kuwe, Selar, Gerunggong tengkek besar, ikan Gerunggong kecil, Pari, Kurisi, Talang, Cumi cendol kecil, Cumi cendol sedang, dan Cumi besar”, kata Firdaus.

Dijelaskannya, total penjualan ikan melalui bazar ini mencapai 955 Kg, dengan rincian, ikan Tenggiri dijual dengan harga Rp 55.000 per kilo, terjual sebanyak 60 Kg. Ikan Bulat atau Kuwe dengan harga Rp 30.000 per kilo, terjual sebanyak 155 Kg. Ikan Selar dengan harga Rp 10.000 per kilo, terjual sebayak 150 Kg.

Baca Juga: Ditargetkan Dalam 3 Bulan, 1200 Bibit Cabe Yang Dibagikan Kepada OPD Panen

Ikan Gerunggong tengkek besar dengan harga Rp 15.000 per kilo, terjual sebnayak 150 Kg. Ikan Gerunggong kecil dengan harga Rp 10.000 per kilo, terjual sebanyak 100 Kg. Ikan Pari dengan harga Rp 25.000 per kilo, terjual sebanyak 30 Kg. Ikan Kurisi dengan harga Rp 30.000 per kilo, terjual sebanyak 20 Kg.

Ikan Talang dengan harga Rp 15.000 per kilo, terjual sebanyak 50 Kg. Cumi Cendol Kecil seharga Rp 20.000 per kilo, terjual sebanyak 75 Kg. Cumi Cendol sedang seharga Rp 25.000 per kilo, terjual sebanyak 85 Kg. Cumi Besar seharga Rp 50.000 per kilo, terjual sebanyak 80 Kg.

Ia juga berharap, dengan adanya bazar ikan murah maka konsumsi ikan di masyarakat bisa di atas rata-rata nasional. Oleh karena itu ia sangat bersyukur karena masyarakat sangat antusias menyambut baik kegiatan bazar ikan murah yang diselenggarakan DKP Kabupaten Belitung.

“Ini salah satu gerakan masyarakat hidup sehat, makanya kita inginnya masyarakat itu konsumsi ikannya di atas rata-rata nasional. Kalau sambutannya luar biasa, dari setengah tujuh pagi tadi masyarakat sudah berdatangan, bahkan untuk ikan-ikan yang harganya mahal yang cepat habis”, pungkasnya (yab)

Baca Juga: Akibat Curah Hujan Tinggi, Belasan Rumah Warga Terendam Banjir


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …