Yuspian Serahkan Bantuan Alat dan Mesin Prapanen Kepada Kelompok Tani Agro Kenupu

BELITUNG, pradivanews.com – Guna meningkatkan hasil produksi pertanian, Senin (10/06/2024), Pj Bupati Belitung Yuspian secara simbolis menyerahkan alat dan mesin prapanen APBN Kementrian Pertanian RI TA 2024, bertempat di Persawahan Kelompok Tani Agro Kenupu Jalan Raya Membalong, Desa Cerucuk, Kecamatan Badau,  Kabupaten Belitung.

Alat dan mesin prapanen berupa 1 Unit Rotapator, 1 unit Traktor (TR 4) dan unit Hand Traktor (TR 2) tersebut diserahkan dalam kegiatan Bimtek Pengolaan Alsintan (Oprasional dan Perawatan) Penguatan Kelembagaan Ekonomi Petani melalui Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) se-Kabupaten Belitung Tahun 2024.

Acara Bimtek tersebut diikuti Kelompok Tani dan UPJA antara lain, Kremak Jaya, Aik Bakul, Aik Manda Maju Bersama, Agro Kenupu, Harapan Bersama, Suka Makmur, Aik Mengkanang, Sawah Harapan Baru, Kelekak Titan Sejahtera, Sinar Jaya, Setia Kawan, dan Kridatama.

Pj Bupati Belitung, Yuspian mengungkapkan hingga saat ini hasil panen yang ada di Kabupaten Belitung belum baik, rata-rata hanya mencapai 4 ton. Hal tersebut tentunya hasil yang didapatkan tidak seimbang dengan biaya operasional yang dikeluarkan.

“Hasil panen kita saat ini rata-rata hanya sekitar 4 ton saja, tentu saja tidak seimbang dengan biaya operasional yang dikeluarkan”, ungkap Yuspian dalam sambutannya.

Dengan adanya bantuan alat dan mesin prapanen dari Kementerian Pertanian tersebut, Yuspian
berharap dapat membantu Kelompok Tani Agro Kenupu Desa Cerucuk dalam meningkatkan hasil pertaniannya, serta mampu menekan angka inflasi di Kabupaten Belitung.

“Semoga dengan adanya bantuan alat dan mesin pertanian dari Kementerian Pertanian ini dapat meningkat produksi pertanian Kelompok Tani Agro Kenupu Desa Carucuk dan membantu menekan inflasi”, harap Yuspian.

Lebih lanjut Yuspian juga mengajak para petani untuk memanfaatkan penemuan bahan penyubur tanah Mikroba Google yang sudah banyak di pasaran, hingga penggunaan jenis padi Trisakti yang hasil panennya ada di atas angka rata-rata, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pertanian.

“Penggunaan jenis Padi Trisakti juga bisa jadi pilihan karena proses panennya lebih cepat, hingga penggunaan Mikroba Google saat ini telah banyak dijual dengan harga terjangkau”, pungkas Yuspian. (rel)

Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…