Bupati Beltim Resmikan Sekolah Perempuan Yang Didirikan Muhammadiyah

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Pengurus daerah Muhammadiyah mendirikan Sekolah Perempuan Aisyiyah di Desa Lenggang Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Sekolah yang bertempat di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kabupaten Beltim ini diresmikan pada Jum’at (07/06/2024) oleh Bupati Beltim.

Peresmian Sekolah Perempuan dengan nama Sinar Surya tersebut merupakan bagian dari rangkaian Milad Aisyiyah ke-107 tahun 2024 di Kabupaten Beltim, yang mengangkat tema Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta.

Pimpinan Wilayah Aisyiyah Bangka Belitung, Hj. Suhanda mengatakan, salah satu dari rangkaian kegiatan Milad Aisyiyah ke-107 yang dilaksanakan di Kabupaten Beltim yakni edukasi terhadap perempuan.

“Dengan kegiatan ini kita harap dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak, peduli lingkungan dan gizi keluarga, memahami serta mengerti tentang perlindungan dan perempuan dan anak, meningkatkan ekomoni dalam keluarga untuk menjadi orang tua hebat”, kata Hj. Suhanda.

Lebih lanjut dikatakan Hj. Suhanda, hingga saat ini peserta Sekolah Perempuan berjumlah 35 orang yang terdiri dari orang tua murid Madrasah Aliyah Muhammadiyah, dan masih membuka peserta untuk menjadi siswa.

“Hasil yang diharapkan adalah meningkatnya pemahaman dan mengerti tentang kesehatan, perlindungan, kepedulian, serta menciptakan keluarga yang mumpuni dengan dibekali berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui sekolah informal ini”, lanjut Hj. Suhanda.

Selain peresmian Sekolah Perempuan, rangkaian Milad Aisyiyah ke-107 tahun di Kabupaten Beltim yang telah dan akan dilaksanakan adalah berupa peresmiaan Posyandu Lansia serta Kespro Bunga Matahari, bekerja sama melalui praktek mandiri Bidan Lisa Meilinda, sosialisasi PHBS dan Kespro.

“Kita juga menggelar Sosialisasi UU PKDRT, UU Perlindungan Anak, membentuk wadah pengaduan dan pendampingan perempuan dan anak bertempat di MTS Muhammadiyah, Madrasyah Aliyah Muhammadiyah di Kabupaten Beltim”, tambah Hj. Suhanda.