Tiga ABK KM Bintan Jaya 10 Yang Hilang, Akhirnya Ditemukan

BANGKA SELATAN, pradivanews.com – Setelah sempat dinyatakan hilang, tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) KM Bintan Jaya 10 yang mengalami musibah tenggelam di perairan Karang Suji Laut Jawa, Kabupaten Bangka Selatan, akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat.

Ketiga ABK KM Bintan Jaya 10 tersebut ditemukan oleh kapal nelayan asal Lampung, yang kebetulan melintas di perairan Karang Suji Laut Jawa, saat melakukan perjalanan menuju ke pelabuhan Sadai Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung.

Dua orang korban, yakni Benu (40) dan Apit (23) ditemukan mengapung di perairan Karang Suji Laut Jawa, pada Sabtu tanggal 1 Juni 2024 sekira pukul 03.00 WIB. Sedangkan satu korban, yakni Aan (30) ditemukan terapung dalam perjalanan menuju pelabuhan Sadai Bangka Selatan.

Sebelumnya pada Jum’at tanggal 31 Mei 2024, KM Bintan Jaya 10 yang sedang mencari ikan perairan Karang Suji Laut Jawa, mengalami tenggelam akibat diterjang ombak besar. Dalam peristiwa tersebut 3 dari 4 orang ABK dinyatakan hilang, dan dalam upaya pencarian Tim SAR Gabungan.

Informasi ditemukannya ketiga ABK tersebut, diketahui Dahlia selaku pemilik KM Bintan Jaya 10. Kemudian Dahlia menyampaikan informasi tersebut ke Tim SAR Gabungan, meminta bantuan untuk menjemput ketiga korban yang berada di kapal nelayan asal Lampung.

Menerima informasi tersebut, Tim SAR Gabungan yang masih melakukan pencarian terhadap ketiga korban, langsung bergerak menuju titik lokasi kapal nelayan asal Lampung untuk menjemput ketiga ABK KM Bintan Jaya 10 yang sempat hilang akibat terbawa arus.

Sekira pukul 20.50 WIB, Tim SAR Gabungan berhasil bertemu dengan kapal nelayan asal Lampung yang membawa ketiga korban. Selanjutnya korban dievakuasi dengan kapal RIB milik Basarnas, menuju pelabuhan Sadai Bangka Selatan.

Ketiga korban bersama 1 orang ABK yakni Andong, yang sebelumnya sudah ditemukan oleh kapal nelayan, diserahkan kepada pemilik KM Bintan Jaya 10. Keempat korban ditemukan selamat setelah KM Bintan Jaya 10 tenggelam akibat dihantam ombak besar.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kakansar) Pangkalpinang I Made Oka Astawa, SH, MSi, Minggu (02/06/2024) mengatakan, dengan telah ditemukannya keempat ABK KM Bintan Jaya 10 yang hilang, maka operasi SAR Gabungan dinyatakan resmi ditutup dan unsur yang terlibat dikembalikan kesatuan masing-masing.

“Seluruh ABK berhasil ditemukan dalam keadaan selamat dan sudah diserahkan kepada pemilik kapal. Semoga sinergisitas Tim SAR Gabungan dalam memberikan pelayanan SAR ini dapat terus terjalin. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam operasi SAR Gabungan”, pungkas Oka. (***)

Release : Humas Kansar Pangkalpinang
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦