Dihantam Ombak Besar, KM Barakuda Tenggelam di Perairan Semujur

PANGKALPINANG, pradivanews.com – Akibat dihantam ombak besar, Kapal Motor (KM) Barakuda dengan 9 orang awak, Sabtu (25/05/2024) sore, tenggelam di perairan laut Semujur, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.

Informasi tenggelamnya kapal nelayan dengan 9 orang awak di perairan laut Semujur tersebut, diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kansar) Pangkalpinang pada Sabtu tanggal 25 Mei 2024, dari istri nahkoda KM Barakuda.

Berdasarkan informasi yang diterima, diketahui sebelumnya pada Selasa tanggal 21 Mei 2024, KM Barakuda berangkat melaut dari dermaga nelayan Pasir Padi Pangkalpinang, menuju Karang Kering di perairan Semujur untuk mencari ikan.

Beberapa hari kemudian, pada Sabtu tanggal 25 Mei 2024 sekira pukul 17.30 WIB, KM Barakuda yang sedang menuju bagan milik rekannya tersebut, tiba-tiba dihantam ombak besar. Para awak pun berupaya menyelamatkan diri dengan mengikat tali kapal pada tiang kayu bagan.

Selanjutnya 7 orang awak berhasil naik ke atas bagan, sementara 2 orang lainnya yang bernama Pazri dan Epril masih berusaha untuk menyelamatkan barang-barang yang ada di kapal.

Namun usaha Pazri dan Epril ini sia-sia dikarenakan kapal keburu tenggelam akibat dihantam ombak besar, bahkan keduanya jatuh ke laut. Pazri dan Epril pun berusaha mencari alat apung dan mencoba berenang mendekati bagan.

Karena kondisi ombak besar disertai arus yang kencang, usaha Pazri dan Epril ternyata gagal untuk mendekati bagan. Keduanya pun hanyut terbawa arus. Selang 25 menit mengapung di permukaan laut, Pazri dan Epril bertemu dengan kapal nelayan yang sedang memasang bubu.