Sebanyak 15 Panwascam Pilkada 2024 Dilantik, Begini Kata Ketua Bawaslu Belitung

BELITUNG, pradivanews.com – Sebanyak 15 orang Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 5 kecamatan se-Kabupaten Belitung untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Sabtu (25/05/2024), dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung, bertempat di Swiss Belresort Belitung.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar (Aris), 15 orang Panwascam Pilkada tahun 2024 yang baru dilantik tersebut merupakan peserta yang lolos dari 2 metode seleksi yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Belitung, yakni metode existing dan metode rekrutmen baru.

Metode existing yaitu seleksi bagi peserta yang sebelumnya menjadi Panwascam Pemilu legislatif tahun 2024, yang hanya mengikuti tes administrasi dan penilaian atau evaluasi kinerja oleh atasan langsung. Sedangkan metode rekrutmen baru yaitu seleksi bagi peserta yang bukan sebagai Panwascam Pemilu legislatif 2024, yang mengikuti tes administrasi, tes tertulis dan tes wawancara.

“Tentu tidak mudah bagi Panwascam terpilih untuk sampai berada pada moment ini (Pelantikan). Untuk itu kami berpesan agar seluruh Panwascam bisa langsung berperan aktif dalam melakukan tugas dan wewenangnya sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Pilkada”, sebut Aris dalam sambutannya, Sabtu (25/05/2024).

Aris mengatakan, tahapan Pilkada tahun 2024 sudah berjalan, sehingga banyak tugas pengawasan yang harus segera dilakukan oleh Panwascam. Untuk itu seluruh Panwascam harus bisa meng-upgrade knowledge dan skil pengawasan, serta meningkatkan kompetensi diri dengan memahami peraturan perundangan-undangan tentang Pilkada.

“Jangan sifatnya hanya menunggu ilmu dari Bawaslu Kabupaten Belitung. Mulai saat ini Panwascam sudah harus membuka UU Pilkada, PKPU tentang aturan Pilkada dan Perbawaslu baik aturan mengenai pengawasan maupun terkait penanganan temuan laporan pelanggaran. Tentunya ini menjadi tantangan bagi Panwascam baru yang belum memiliki pengalaman kepemiluan”, ungkap Aris.

Lebih lanjut Aris berharap agar Panwascam yang baru dilantik dapat segera beradaptasi dan mengembangkan potensi diri dalam lingkungan tugasnya, dengan tetap menjaga integritas, profesionalitas, serta kode etik sebagai penyelenggara.