Diduga Berbuat Asusila Terhadap Anak Asuhnya, Pengurus Panti Asuhan Diamankan Polisi

BELITUNG, pradivanews.com – Diduga telah melakukan tindakan asusila terhadap anak asuhnya, seorang laki-laki berinisial BS (53) diamankan Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) bersama Tim Opsnal Satreskrim Polres Belitung.

Warga Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung yang merupakan pengurus salah satu Panti Asuahan di Kecamatan Tanjungpandan ini diamankan petugas pada hari Senin malam (20/05/2024) lalu.

Kasatreskrim Polres Belitung AKP Deki Marizaldi mengatakan, penangkapan pelaku guna menindaklanjuti laporan dari pihak Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Kabupaten Belitung.

“Pelaku kami amankan di Panti Asuhan yang pelaku kelola, tepatnya berada di wilayah Kecamatan Tanjungpandan”, kata AKP Deki Marizaldi dalam konferensi pers yang berlangsung di Mapolres Belitung, Rabu (22/05/2024).

Pelaku yang sudah memiliki istri ini, tega berbuat asusila terhadap salah seorang remaja putri berinisial HNJ (15), yang merupakan anak asuhnya. Mirisnya, perbuatan bejat pelaku ini sudah dilakukannya berulangkali sejak 2023 hingga Mei 2024.

Tindakan asusila pelaku terungkap setelah korban kabur dari Panti Asuhan tersebut dan bercerita kepada pihak UPT PPA Kabupaten Belitung, yang kemudian melaporkan kepada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Belitung pada hari Senin tanggal 20 Mei 2024, pukul 16.00 WIB lalu.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 81 Ayat (1) UU RI No 17 Tahun 2016 Tentang Tap Perpu No 1 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas UU RI No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Joncto Pasal 76D UU No 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak dan atau Pasal 81 Ayat (2) UU RI No 17 Tahun 2016 Tentang Tap Perpu Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

“Akibat perbuatannya, pelaku terancam hukuman maksimal 15 Tahun kurungan penjara. Saat ini pelaku sudah resmi jadi tersangka dan dalam proses penyidikan lebih lanjut”, pungkas AKP Deki Marizaldi. (***)

Reporter : Tim Redaksi
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦