Perum Bulog Akan Tindak Rekanan Jika Terbukti Jual Beras SPHP di Atas HET

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Perusahaan Umum (Perum) Bulog Kantor Cabang Pembantu Belitung menyatakan dengan tegas, akan menindak setiap agen atau rekanan yang melakukan penjualan beras bersubsidi SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Bahkan, Perum Bulog akan memutus kontrak dengan rekanan tersebut.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu Belitung, Gusdi Pramana. Pernyataan tersebut disampaikan agar tidak ada pihak yang mengambil keuntungan pada saat tingginya harga beras premium di pasaran.

“Jika terbukti beras itu berasal dari rekanan Bulog, kita akan ada pemutusan kerjasama. Itu sanksi untuk toko yang tidak taat aturan”, tegas Gusdi melalui What’sapp kepada Diskominfo Beltim, Kamis (07/03/2024) sore.

Beras SPHP milik Perum Bulog yang dulu kurang diminati, saat ini sedang naik daun. Harga ecerannya pun melonjak dari Rp.53.000 hingga Rp.55.0000 menjadi Rp.60.000 per satu karung kemasan 5 Kilogram.

Padahal sesuai HET untuk Pulau Belitong atau di bawah koordinasi Kantor Perum Bulog Belitung, penjualan Beras SPHP ke konsumen hanya seharga Rp.11.500 per kilogram atau Rp.57.500 per karung kemasan 5 Kilogram.

Untuk itu, Gusdi meminta warga yang ingin membeli beras bersubsidi agar membelinya secara resmi di toko-toko yang sudah menjalin kerjasama dengan Perum Bulog. Hal ini untuk menghindari terjadinya permainan harga.

“Silahkan nanti kalau ada toko yang jual di atas harga HET, bisa melaporkan kepada kami atau Pemda. Kita akan tindak”, sebut Gusdi.

Terkait ketersedian stok beras bersubsidi untuk Pulau Belitong, Gusdi menyatakan stok dan harga masih aman dan terkendali. Bahkan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Perum Bulog akan menambah posokan beras tersebut.

“Untuk ketersediaan stok beras di Bulog Cabang Belitung aman dan cukup untuk satu bulan ke depan. Kita akan melakukan penambahan stok lagi sebanyak 2.000 ton untuk Maret dan April secara bertahap”, pungkas Gusdi. (***)

Rel : Diskominfo SP Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…