Marwansyah Sebut Kepastian Anggota DPRD Tunggu Rapat Pleno Terbuka Perolehan Jumlah Kursi

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur (KPU Beltim) Marwansyah mengatakan kepastian siapa yang akan menjadi anggota DPRD Kabupaten harus menunggu tahapan Rapat Pleno Terbuka Perolehan Jumlah Kursi.

Hal tersebut diungkapkan Marwansyah disela-sela Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Belitung Timur pada Pemilihan Umum 2024, Jum’at (01/03/2024), di Auditorium Zahari MZ Manggar, Kabupaten Beltim.

Menurut Marwansyah, meskipun sudah dilakukan rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten, namun hasilnya belum bisa memastikan perolehan kursi untuk DPRD Kabupaten. Sebab, tahapan rekapitulasi ini lebih kepada mensinkronisasikan data-data perolehan suara atau pun angka yang dipegang oleh masing-masing saksi atau Partai Politik.

“Memang tidak ada yang menonjol, cuman mensinkronkan atau menyamakan data-data dan angka. Karena ini terbuka masing-masing sudah pegang rekapan data. Hal ini untuk menghindari adanya kekeliruan data”, sebut Marwansyah, Jum’at (01/03/2024).

Dijelaskan Marwansyah, walau data atau jumlah perolehan suara Partai dan Calon Legislatif tersebut tidak akan mengalami perubahan berarti, namun Marwansyah menyatakan bahwa tahapan ini belum final. Mengingat masih ada tahapan penentuan Partai yang akan memperoleh kursi di DPRD Kabupaten.

“Nanti akan ada lagi tahapan Rapat Pleno Terbuka Perolehan Jumlah kursi. Partai Politik mana yang dapat berapa kursi, terus dari jumlah kursi tersebut Caleg mana atau siapa yang berhak memperoleh kursi tersebut sesuai ketentuan Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2023″, jelas Marwansyah.

Tahapan tersebut menurut Marwansyah akan digelar di atas tanggal 20 Maret 2024 mendatang. Sebab, masih ada beberapa tahapan rekapitulasi baik di Tingkat Provinsi, Nasional dan juga harus menunggu jika ada sidang sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi. 

Terkait maraknya peredaran nama-nama calon anggota DPRD Beltim melalui pesan berantai, Marwansyah menegaskan hal tersebut lebih kepada klaim sepihak atau belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Jadi kita minta agar semua pihak bersabar dan menahan diri. Resminya nanti akan diplenokan oleh KPU”, pungkas Marwansyah. (***)

Rel : Diskominfo SP Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…