Pelajar Dari SMP Negeri se-Kecamatan Manggar Berkolaborasi Gelar Pensi dan Karya P5

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Sebanyak 6 SMP Negeri di Kecamatan Manggar berkolaborasi menggelar Pentas Seni (Pensi) dan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tahun 2024, bertempat di Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak Rabu tanggal 28 Februari hingga Kamis tanggal 29 Februari 2024 tersebut menampilkan Pensi, seni tari kreasi dan vokal solo. Puluhan dulang juga disajikan untuk para undangan yang semuanya ditampilkan pelajar SMP.

Selain itu, terdapat juga belasan stand bazaar dari paguyuban orang tua dan kelas SMP yang menghadirkan aneka makanan dan cindera mata untuk pengunjung yang datang.

Ketua Panitia Pensi dan Gelar Karya P5 tahun 2024, Titin Purwosari mengatakan kegiatan bersama SMP Negeri se-Kecamatan Manggar tersebut diinisiasi bersama karena adanya kebutuhan dan agenda yang sama, yakni kegiatan P5 dan program parenting sekolah.

“Kolaborasi SMP Negeri se-Kecamatan Manggar ini bertemakan ‘Merdeka Belajar’. Tema ini kepanjangan dari mari berkolaborasi dengan gelar karya bedulang pelajar SMP Manggar”, kata Titin melalui Diskominfo SP Beltim, Rabu (28/02/2024).

Lebih lanjut Titin mengatakan, kegiatan P5 tersebut mengambil tema kearifan lokal. Dengan topik melestarikan budaya tradisi makan bedulang dengan dimensi karakter yang dituju yaitu berkebhinekaan global dan bergotong royong.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk mewujudkan kepemimpinan murid yang berkarakter sesuai profil pelajar Pancasila. Memfasilitasi perfom siswa dan menghilangkan kesenjangan dan perbedaan diantara sekolah (SMP-Negeri) se-Kecamatan Manggar”, lanjut Titin yang menjabat Kepala SMPN 1 Manggar ini.

Ditambahkan Titin, kegiatan Pensi dan Gelar Karya P5 tahun 2024 tersebut melibatkan setidaknya 661 pelajar SMP yang merupakan siswa-siswi kelas VII dari SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, SMP Negeri 4, SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 6 Manggar.

“Harapan kami siswa akan memiliki karakter profil pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi bergotong royong dan berkebhinekaan global. Selain itu pula kolaborasi antar SMP se-Kecamatan Manggar dan orang tua semakin meningkat melalui program parenting sekolah yang lebih variatif dan berkualitas”, pungkas Titin. (***)

Rel : Diskominfo SP Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…