Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Dinas Perikanan Beltim Lakukan Verifikasi KUB Nelayan

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mulai melakukan verifikasi data Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan berdasarkan wilayah administrasinya. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Beltim.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Wilayah Pesisir Dinas Perikanan Kabupaten Beltim, Sapto Nurchirudin mengungkapkan verifikasi merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim untuk mengakomodir usulan bantuan dan pokok pikiran nelayan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2025 mendatang.

“Verifikasi dilakukan di masing-masing kecamatan sesuai wilayah administrasi KUB dan fasilitasi usulan Musrenbang, sebagai langkah Pemkab Beltim dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan”, ungkap Sapto dalam pertemuan dengan KUB nelayan di Kecamatan Manggar yang berlangsung di Kantor Camat Manggar, Selasa (27/02/2024).

Sapto menegaskan bahwa verifikasi tidak hanya terbatas pada usulan bantuan tahun anggaran 2024 dan Musrenbang tahun 2025, tetapi juga melibatkan KUB yang telah mengajukan bantuan pada tahun sebelumnya untuk memastikan keaktifannya.

“Verifikasi yang dimaksud yaitu verifikasi KUB yang melakukan usulan di musrembang dan pokok pikiran yang telah disampaikan oleh masing-masing desa sehingga akan diakomodir untuk di usulkan di tahun 2025. Disamping itu juga kita melakukan verifikasi KUB yang telah mengusulkan bantuan di tahun 2023 untuk mendapatkan sarana tangkap yang telah ditentukan di tahun 2024 dengan melihat keaktifan KUB tersebut”, tegas Sapto.

Ada beberapa kendala yang dihadapi menurut Sapto, yakni ketidak aktifan dari beberapa KUB nelayan di Kabupaten Beltim. Untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi melalui penyuluhan perikanan dan pembinaan kepada semua KUB di Kabupaten Beltim agar semakin aktif dan dapat naik kelas.

“Sebenarnya beberapa KUB nelayan bisa aktif lagi, tidak harus melalui pertemuan formal tapi mereka bisa kumpul di warkop untuk bahas program KUB. Lalu, sampaikan permohonan bantuan melalui desa dan kami tinggal verifikasi KUB-nya”, sebut Sapto.

Dengan total 65 KUB nelayan di Kabupaten Beltim, Sapto berharap agar pertemuan verifikasi KUB dapat mengakomodir semua kebutuhan nelayan, mulai dari kapal di bawah 5 GT atau kater hingga peralatan lainnya seperti fish finder, bubu kepiting, jaring ikan, kawat bubu ikan, mesin ketinting, mesin diesel, genset, cool box dan lain-lain.

“Harapan kami agar pertemuan verifikasi KUB nelayan bisa mengakomodir semua kebutuhan nelayan Beltim. Tentunya, keberadaan KUB nelayan adalah untuk silahturahmi, saling bantu dan memberi semangat untuk kesejahteraan keluarga nelayan”, pungkas Sapto. (***)

Rel : Diskominfo SP Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…