Jelang Pemilu, Kapolres Beltim Pimpin Pelaksanaan Apel Pergeseran Pasukan

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Kapolres Belitung Timur (Beltim) AKBP Arif Kurniatan, Senin (12/02/2024), memimpin Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Operasi Mantap Brata Pemilu serentak tahun 2024 di wilayah hukum Kabupaten Beltim, bertempat di halaman Mapolres Beltim.

Dalam sambutannya, AKBP Arif Kurniatan mengatakan tujuan dilaksanakannya apel tersebut untuk mengecek kesiapan sarana prasarana dan kendaraan, kesehatan dan fisik personel yang terlibat dalam pengamanan di TPS.

“Apel pergeseran pasukan PAM TPS ini merupakan representasi dari kesiapan kita atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dan seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat di Kabupaten Beltim untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran pemungutan suara Pemilu 2024″, kata AKBP Arif Kurniatan.

Dijelaskan AKBP Arif Kurniatan, dalam apel pergeseran pasukan ini seluruh anggota (kepolisian) dalam keadaan siap. Dimana pengamanan TPS merupakan ujung tombak dan garda terdepan polri, yang memikul beban dan tanggung jawab dalam pengamanan tahapan pemungutan suara.

“Permasalahan yang terjadi di salah satu TPS bisa memberikan efek domino, berdampak luas sampai di tingkat MK (Mahkamah Konstitusi). Oleh karena itu, tingkatkan kesigapan, naluri, dan insting rekan-rekan semua untuk memastikan pengamanan di TPS nanti berjalan aman dan kondusif”, sebut AKBP Arif Kurniatan.

Lebih lanjut AKBP Arif Kurniatan juga mengingatkan agar mengantisipasi terhadap potensi ancaman dan kerawanan yang mungkin akan terjadi pada saat tahapan pemungutan suara. Pertama, antisipasi terhadap aksi ancaman atau teror. Kedua, Intimidasi kepada petugas TPS dan pemilih yang hendak menuju ke TPS.

“Ketiga, adanya oknum yang memaksakan hak untuk memilih. Keempat, adanya provokasi dari oknum-oknum tertentu yang mengacaukan dan menggagalkan jalannya pemungutan suara tersebut”, lanjut AKBP Arif Kurniatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar mengatakan Pemilu adalah momentum penting bagi warga negara untuk menentukan arah dan pemimpin negara masa depan.

“Saya mengapresiasi jajaran Polres Beltim atas pelaksanaan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Operasi Mantap Brata. Semoga pelaksanaan Pemilu di Beltim berjalan dengan lancar dan aman dengan dukungan semua pihak”, Khairil Anwar. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…