Bupati Beltim Minta Maksimalkan Potensi Pajak Daerah Lainnya, ke Depannya Termasuk Restoran Kecil

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Jumlah realisasi pajak daerah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) tahun 2023 berjumlah Rp.55.223.937.728. Dengan prosentase 108 persen dari target yang ada di pagu yakni Rp.51.049.854.537. Oleh sebab itu Bupati Beltim Burhanudin meminta untuk memaksimalkan potensi pajak daerah lainnya.

Penyumbang pajak daerah terbesar berasal dari Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan yakni sebesar Rp.36.601.816.758. Sedangkan Pajak Penerangan Jalan berada di posisi kedua dengan besaran Rp.8.498.244.799.

Usai menyerahkan penghargaan kepada wajib pajak di Auditorium Zahari MZ, Bupati Beltim Burhanudin (Aan) mengatakan, perlunya penetapan target awal untuk pajak daerah yang lebih tinggi. Mengingat banyak lagi potensi pajak daerah yang bisa dipungut.

“Kawan-kawan baik dari OPD maupun Kades-Kades segera lakukan identifikasi terhadap sumber-sumber potensi pendapatan daerah untuk dapat dikelola dan didata secara arif dan bijak untuk ditagih pajaknya”, kata Aan.

Lebih lanjut Aan mencontohkan beberapa perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP), namun perusahaan tersebut tidak melakukan aktifitas penambangan. Hal inilah yang membuat pemasukan pajak jadi tidak berjalan.

“Kabupaten Beltim yang rugi. Harusnya mereka yang sudah punya IUP beroperasi, inilah salah satu yang harus dievaluasi”, lanjut Aan.

Aan berharap ke depannya pajak untuk restoran dan hotel bukan hanya diberlakukan bagi restoran besar, namun juga yang kecil-kecil. Diakui Aan, daerah-daerah lain sudah memberlakukan pajak bagi restoran kecil termasuk Rumah Makan Padang.

“Beltim yang belum. Kan bisa kita rasionalkan untuk yang restoran kecil, yang bayar pajak itu kan dari pembelinya bukan rumah makannya”, pungkas Aan. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…