BPKPD Berikan Penghargaan Kepada Wajib Pajak Yang Berkontribusi Besar Terhadap Pajak Daerah

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Belitung Timur (BPKPD Beltim), Senin (05/02/2024), memberikan penghargaan kepada wajib pajak dan Aparatur Pemerintah Desa yang memiliki kontribusi besar terhadap pajak daerah.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Bupati Beltim yang berlangsung di Auditorium Zahari MZ Manggar Kabupaten Beltim. Penghargaan pajak daerah tersebut diberikan kepada sebanyak 14 wajib pajak yang terdiri dari tiga wajib pajak untuk kategori kolektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Dua wajib pajak untuk kategori desa dengan prosentase wajib pajak PBB terbanyak, serta sembilan wajib pajak dari kategori Pajak Hotel dan Restoran, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Pajak Sarang Walet, Pajak Penerangan Jalan dan Pajak Air Tanah.

Kepala BPKPD Kabupaten Beltim Kuspianto mengatakan, pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim kepada para wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak daerah tahun 2023.

“Ini adalah wujud nyata terima kasih Pemkab Beltim atas kontribusi nyata wajib pajak dan Aparatur Desa dalam penerimaan pajak daerah. Selain itu, bagian dari upaya mempertahankan dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak serta memacu wajib pajak lain dan aparatur untuk mendapatkan penghargaan serupa”, kata Kuspianto.

Menurut Kuspianto, wajib pajak memiliki peranan penting dalam penerimaan pajak daerah. Kesadaran dan kepatuhan wajib pajak sangat berpengaruh dalam penerimaan pajak daerah.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa belum semua anggota masyarakat memiliki kesadaran dan kepatuhan untuk membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku, terutama untuk membayar tepat waktu dan tertib administrasi”, sebut Kuspianto.

Selain itu pula, para Aparatur Perangkat Desa juga memiliki kontribusi yang besar untuk mendongkrak pajak daerah, terutama peningkatan penerimaan PBB. Hal ini karena Pemkab Beltim sudah bekerja sama dengan Perangkat Desa dalam penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Daerah Terhutang dan penagihan PBB ke masyarakat.

“Semakin besar pendapatan pajak daerah dan retribusi yang disetorkan, maka hasil pajak daerah dan retribusi yang diterima desa akan semakin besar. Untuk itu diharapkan kepada Kepala Desa dan Camat agar turut berperan aktif melihat dan menggali potensi pajak daerah”, pungkas Kuspianto. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…