Sempat Dinyatakan Hilang Selama 18 Jam, Nek Selamah Ditemukan Dalam Kondisi Selamat

BELITUNG, pradivanews.com – Seorang nenek bernama Selamah (81) warga RT 08A/ RW 03 Dusun II
Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung sempat dinyatakan hilang selama 18 jam. Setelah dilakukan upaya pencarian oleh Tim SAR Gabungan, Nek Selamah ditemukan dalam kondisi selamat.

Menurut keterangan Harjuansyah (Juan) salah seorang warga yang turut serta melakukan upaya pencarian terhadap Nek Selamah mengungkapkan, kejadian bermula pada saat Nek Selamah pada Minggu (04/02/2024) sore, bermaksud hendak mandi ke kali (Aik Arongan) yang berada tidak jauh dari rumahnya.

Dikatakan Juan, Nek Selamah diketahui pergi dari rumahnya sekitar pukul 14.00 WIB. Namun Nek Selamah tidak pulang ke rumahnya diketahui oleh anaknya yang bernama Parlina sekitar pukul 16.00 WIB. Pada saat itu, Parlina mendatangi rumah Nek Selamah untuk mengecek keberadaan ibunya sekaligus menghidupkan lampu di rumah tersebut.

Mendapati ibunya tidak ada di rumah, Parlina kemudian menghubungi Sahidi, anak Nek Selamah yang lainnya yang juga tinggal satu rumah dengan Nek Selamah. Saat dihubungi, Sahidi sedang bekerja di salah satu pabrik yang berada di Desa Badau.

“Mengingat usia Nek Selamah yang sudah uzur, anak beliau Parlina dan Sahidi segera melakukan pencarian dengan dibantu warga sekitar. Tapi sampai pukul 20.00 WIB, pencarian terhadap keberadaan Nek Selamah ini belum membuahkan hasil. Kemudian melalui Bhabinkamtibmas, peristiwa ini kita laporkan ke Polsek Badau”, ungkap Juan kepada pradivanews.com, Senin (05/02/2024) sore.

Upaya pencarian terhadap keberadaan Nek Salamah terus dilakukan. Tim SAR Gabungan meliputi Polsek Badau, Badan Penaggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Belitung, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kabupaten Belitung, dan masyarakat sekitar.

Namun hingga pukul 23.00 WIB upaya yang dilakukan Tim SAR Gabungan tersebut belum juga ditemukan titik terang keberadaan Nek Selamah. Akhirnya proses pencarian dinyatakan berhenti sementara waktu, dan akan dilanjutkan pada keesokan harinya.

Pencarian Nek Selamah kemudian dilanjutkan Tim SAR Gabungan pada Senin (05/02/2024) sekitar pukul 07.00 WIB dengan menyusur kawasan hutan sekitar jalan lingkar, hutan wialayah PT BAT, serta di kawasan hutan arah Kelekak Datuk.

Sekira pukul 10.00 WIB akhirnya upaya pencarian Tim SAR Gabungan membuahkan hasil, Nek Selamah ditemukan dalam kondisi selamat berada di sebuah pondok kebun yang terletak tidak jauh dari rumahnya. Nek Selamah pertama kali ditemukan oleh anaknya Parlina. Kemudian Nek Selamah dibawa ke Puskesmas Badau untuk menjalani observasi.

“Alhamdulillah, akhirnya Nek Selamah ditemukan dalam kondisi selamat. Memang saat ditemukan kondisi Nek Selamah agak lemas, mungkin karena tidak ada asupan makanan yang beliau konsumsi dari jam 2 sore kemarin hingga tadi pagi jam 10, apalagi usia beliau juga turut mempengaruhi kondisinya tersebut”, pungkas Juan. (***)

Reporter : Eddy SD
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…