Saka Dirgantara Merupakan Wadah Pembinaan Generasi Muda di Bidang Kedirgantaraan

BELITUNG, pradivanews.com – Satuan Karya Pramuka (Saka) Dirgantara Lanud H.AS Hanandjoeddin (Lanud ASH) merupakan wadah pembinaan generasi muda di bidang Kedirgantaraan. Materi dasar tentang Organisasi Saka Dirgantara ini disampaikan Babinpotdirga Lanud ASH Sertu Supriadi, Sabtu (03/02/2024) malam, di lapangan Wira Angkasa Lanud ASH Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Dalam penyampaian materinya tersebut, Sertu Supriadi menjelaskan materi dasar keorganisasian sesuai dengan petunjuk penyelenggaraan Saka Dirgantara yang tertuang dalam Surat Keputusan Kwarnas gerakan Pramuka nomor 151 tahun 2011. Tujuannya agar para Anggota Muda yang baru dikukuhkan, memahami maksud dan tujuan serta bentuk dari Organisasi Saka Dirgantara.

“Saka Dirgantara adalah wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang Kedirgantaraan yang berguna bagi diri pribadi, keluarga, dan lingkungan, serta dapat dikembangkan menjadi lapangan pekerjaan”, jelas Sertu Supriadi.

Lebih lanjut dikatakan Sertu Supriadi, dengan berbekal keterampilan yang diperoleh di dalam Saka Dirgantara, diharapkan generasi muda yang menjadi Anggota Pramuka nantinya memiliki kecakapan yang dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Usai mengikuti materi dasar keorganisasian, Anggota Muda Saka Dirgantara kemudian mengikuti kegiatan malam keakraban dan api unggun, serta dilanjutkan dengan materi jurit malam di seputaran Mako Lanud ASH. Jurit malam merupakan salah satu kegiatan Pramuka yang dilaksanakan malam hari pada saat Perkemahan Sabtu Malam Minggu (Persami).

“Dalam kegiatan jurit malam ini, tiap peserta harus menutup mata dengan kain, lalu digiring oleh panitia untuk menjelajahi area kemah Persami di malam hari. Lalu berkumpul di satu titik untuk melakukan sebuah permainan atau menjawab pertanyaan panitia, yang bisa meningkatkan kekompakan dan solidaritas sesama peserta”, pungkas Sertu Supriadi. (***)

Reporter : Pen Lanud ASH
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…