Bawaslu Belitung Gelar Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Belitung

BELITUNG, pradivanews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung menggelar kegiatan pelatihan saksi peserta Pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten Belitung, Senin (05/02/2024), bertempat di Ballroom Grand Hatika Hotel Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar, SH ini dihadiri Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung Heikal Fackar, Lc dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Belitung Zainal Muttaqin, S.Sos, serta diikuti perwakilan para peserta Pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten Belitung.

Dalam penyampaian materinya, Rezeki Aris Munazar, SH (Aris) mengatakan pelatihan saksi peserta Pemilu merupakan rangkaian dari pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten Belitung.

Menurut Aris, saksi merupakan pihak yang krusial untuk memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS berjalan tanpa ada kecurangan. Oleh sebab itu Aris mengatakan peserta Pemilu wajib memiliki saksi guna menjaga dan mengamankan hasil perolehan suara di TPS.

“Saksi adalah orang yang mendapat surat mandat tertulis dari tim kampanye atau Pasangan Calon yang diusulkan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pengurus Partai Politik tingkat Kabupaten/Kota atau tingkat di atasnya untuk Pemilu Anggota DPR, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, dan calon perseoranga untuk Pemilu Anggota DPD”, ungkap Aris.

Lebih lanjut Aris menjelaskan, saksi bertugas untuk menjamin agar pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS berlangsung dengan jujur dan adil, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.