PT KLK Serahkan Dana Distribusi Sawit Sebesar Rp 27 Milyar

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – PT Kuala Lumpur Kepong (KLK), Rabu (31/01/2024), menyerahkan dana distribusi sawit hasil plasma kepada 11 koperasi dan 2 kas desa plasma di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dan Kabupaten Belitung.

Penyerahan dana distribusi sawit yang berlangsung di GOR PT Steelindo Wahana Perkasa (SWP) Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) ini disaksikan langsung oleh Bupati Beltim Burhanudin.

Total dana yang mencapai Rp.27.694.381.349 tersebut, diserahkan kepada 11 koperasi dan 2 kas desa di bawah naungan 4 perusahaan PT KLK, yakni PT SWP, PT Parit Sembada, PT Bumi Makmur Sejahtera Jaya dan PT Alam Karya Sejahtera.

Pembagian dana distribusi sawit yang paling besar diterima oleh Koperasi Serba Usaha Karya Sejahtera di Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung yakni sebesar Rp.10.927.220.974.

Sedangkan pembagian dana distribusi sawit yang paling kecil diterima oleh Koperasi Subur Makmur di Desa Mayang, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Beltim yakni sebesar Rp.54.769.752.

Presiden Direktur KLK Region Belitung, Lim Teng Hong mengungkapkan besaran dana yang diterima koperasi berbeda-beda, tergantung dengan luasan lahan dan hasil panen tandan sawit. Dana tersebut bersumber dari hasil penjualan Tandan Buah Segar (TBS) sawit plasma yang diserahkan ke koperasi.

‚ÄúDana yang diberikan hari ini adalah dana yang dihimpun beberapa bulan yang lalu, ke depan dana distribusi ini akan diberikan rutin setiap bulan sesuai dengan hasil TBS yang diperoleh dari masing-masing koperasi”, ungkap Lim Teng Hong, Rabu (31/01/2024).