Melalui Penguatan Kapasitas, Bawaslu Babel Nyatakan Siap Awasi Tahapan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024

BELITUNG, pradivanews.com – Melalui penguatan kapasitas di jajaran petugas pengawas secara berjenjang, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bawaslu Babel) menyatakan pihaknya siap mengawal dan mengawasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Hal ini diungkapkan Anggota Bawaslu Babel Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas, Sahirin, S.Pd.I, Senin (29/01/2024) sore, saat menyampaikan materi dalam Rapat Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilu 2024.

Kegiatan perdana yang digelar Bawaslu Babel di ruang rapat Kantor Bawaslu Kabupaten Belitung ini, diikuti belasan perwakilan insan pers dari beberapa media cetak, media online dan media elektronik yang ada di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

“Kegiatan seperti ini dengan melibatkan rekan-rekan media memang perdana kami gelar di Pulau Belitong, kalau di Pulau Bangka sendiri kegiatan seperti ini sudah sering kami lakukan”, ungkap Sahirin mengawali materinya, Senin (29/01/2024) sore.

Sahirin yang didampingi Kepala Bagian Pengawasan Pemilu dan Humas Bawaslu Babel Rogrius Sinulingga, S.E dan Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Heikal Fackar, Lc ini mengatakan, pelantikam petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pemilu tahun 2024 merupakan indikator kesiapan Bawaslu Babel.

Menurut Sahirin, Bawaslu Babel melalui Bawaslu kabupaten/kota dan jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Babel sudah melantik sebanyak 4116 petugas PTPS pada tanggal 22 Januari 2024 lalu, yang selanjutnya akan melakukan tugas pengawasan dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

“Usai dilantik, petugas PTPS ini sudah dibekali dengan pengetahuan tentang pemungutan dan penghitungan suara di TPS, melalui Bimtek yang digelar oleh jajaran Panwascam. Jadi dalam kesempatan ini, kami sampaikan kepada rekan-rekan media, bahwa Bawaslu Babel siap mengawasi tahapan pemungutan suara di Pemilu tahun 2024”, sebut Sahirin.