Kunjungi SLB Negeri Tanjungpandan, Bawaslu Belitung Berikan Pemahaman Kepemiluan Bagi Penyandang Disabilitas

BELITUNG, pradivanews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Belitung, Kamis (25/01/2024) lalu, berkunjung ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tanjungpandan untuk memberikan pemahamam kepemiluan kepada siswa-siswi penyandang disabilitas.

Selain memberikan pemahaman terkait informasi kepemiluan, kunjungan Bawaslu Belitung tersebut juga bertujuan untuk memastikan terjaminnya hak suara bagi pemilih dari segmen disabilitas di Kabupaten Belitung dalam Pemilu tahun 2024 mendatang.

Dengan bantuan penterjemah menggunakan bahasa isyarat, Anggota Bawaslu Belitung Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (Kordiv P3S) Heikal Fackar menyampaikan sambutan dan memberikan materi kepemiluan kepada siswa-siswi SLB Negeri Tanjungpandan.

Heikal Fackar berharap melalui penguatan pemahaman kepemiluan tersebut, nantinya siswa-siswi SLB Negeri Tanjungpandan dapat berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu. Salah satunya dengan menyampaikan dugaan pelanggaran yang terjadi di sekitar lokasi domisilinya kepada Bawaslu Belitung.

“Silahkan laporkan juga, apabila adik-adik siswa-siswi pemilih penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan diskriminatif dari petugas KPPS, baik berupa lisan atau tindakan. Karena sejatinya adik-adik juga memiliki hak yang sama untuk memilih dan dipilih”, ungkap Heikal.

Sementara itu, Kepala SLB Negeri Tanjungpandan, Rahma Duniati menyampaikan apresiasinya kepada Bawaslu Kabupaten Belitung yang telah berkenan melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait kepemiluan kepada siswa-siswi SLB Negeri Tanjungpandan, yang merupakan para penyandang disabilitas.

Lebih lanjut Rahma Duniati menghimbau kepada siswa-siswinya yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, agar datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya dalam Pemilu tahun 2024 mendatang. Hal ini mengingat tidak ada perbedaan antara segmen pemilih disabilitas dengan segmen pemilih lainnya.

“Sosialisasi kepemiluan ini sangatlah penting bagi siswa-siswi kami, karena informasi terkait kepemiluan yang didapat sangat minim. Kemudian jangan lupa, untuk datang Ke TPS”, pungkas Rahma Duniati. (***)

Reporter : Eddy SD/Humas Bawaslu Bel
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦