Sebanyak 547 Petugas PTPS Dilantik Serentak Oleh Panwascam di Lima Kecamatan

BELITUNG, pradivanews.com – Sebanyak 547 petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Senin (22/01/2024), dilantik secara serentak oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di lima kecamatan di wilayah Kabupaten Belitung. Selanjutnya petugas PTPS ini akan bertugas mengawasi jalannya Pemilu tahun 2024 di masing-masing TPS.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung, Rezeki Aris Munazar, SH (Aris) mengatakan, rangkaian tahapan perekrutan petugas PTPS sesuai petunjuk teknis sudah dimulai sejak pengumuman hingga pelantikan. Proses perekrutan tersebut sepenuhnya dilakukan oleh Panwascam di masing-masing kecamatan.

“Hari ini secara serentak pada pukul 09.30 WIB, Ketua Panwascam melakukan pelantikan petugas PTPS di masing-masing kecamatan. Mereka melakukan penjaringan sejak tanggal 1 Januari 2024, dimulai dari tahapan pengumuman, seleksi administrasi, tes wawancara, penetapan hingga akhirnya pelantikan”, kata Aris melalui sambungan telepon, Senin (22/01/2024) sore.

Lebih lanjut Aris menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan petugas PTPS oleh masing-masing Panwascam tersebut. Aris berharap agar 547 orang petugas PTPS sanggup mengemban amanah sebagai pengawas Pemilu tahun 2024.

“Kami dari Bawaslu Kabupaten Belitung mengucapkan selamat untuk seluruh petugas PTPS yang baru saja dilantik, selamat sudah menjadi bagian dari keluarga besar Bawaslu Kabupaten Belitung. Jalankan tugas sesuai dengan aturan perundang-undangan”, sebut Aris.

Selain itu, Aris juga menekankan agar petugas PTPS siap melaksanakan tugas pengawasannya, dalam menjaga jalannya proses Pemilu tahun 2024 berjalan dengan jujur, adil dan berintegritas, serta terhindar dari segala bentuk kecurangan.

“Petugas PTPS harus siap menjaga proses pungut hitung di tingakat TPS. Untuk itu, jika terjadi sesuatu yang dianggap kurang baik di TPS, segera ambil tindakan. Bagi kami, petugas PTPS ini adalah pejuang demokrasi, sebagai ujung tombak dalam menjaga keberlangsungan proses Pemilu agar terhindar dari kecurangan”, ungkap Aris.

Dalam melaksanakan tugasnya di TPS, nantinya PTPS juga harus melakukan cross check Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, untuk diteliti dalam penerimaan jumlah surat suara yang akan digunakan.

“Petugas PTPS juga harus melihat kesesuaian surat suara yang diterima oleh pemilih yang hadir di TPS. Apakah pemilih tersebut menerima semuanya sebanyak 5 surat suara, atau hanya menerima beberapa surat suara saja, berdasarkan apakah pemilih tersebut masuk DPT atau DPTb”, pungkas Aris (***)

Reporter : Yudi AB
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦