Gelar Rakor, KPU Beltim Akan Keluarkan Jadwal Kampanye Rapat Umum Pemilu 2024

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur (KPU Beltim), Kamis (18/01/2024), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Jadwal Kampanye Rapat Umum dan Iklan Media Cetak, Media Massa Elektronik, dan Media Daring Pemilu Tahun 2024 bertempat di Rumah Makan Fega Manggar, Kabupaten Beltim.

Dalam Rakor tersebut dibahas rencana KPU Beltim untuk mengeluarkan jadwal Kampanye Rapat Umum Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tingkat Kabupaten Beltim, dimana jadwal tersebut akan mengikuti jadwal kampanye sesuai Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang diusung oleh Parpol.

Menurut Ketua KPU Beltim Marwansyah, acuan dan pertimbangan jadwal Kampanye Rapat Umum tersebut yakni Surat Keputusan KPU RI yang dikeluarkan pada Rabu malam tanggal 17 Januari 2024. Jadwal tersebut akan berlaku untuk seluruh daerah di Indonesia.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu, disebutkan Kampanye Rapat Umum dilaksanakan di lapangan yang sudah ditetapkan penyelenggara seperti stadion, alun-alun dan tempat terbuka lainnya dengan memperhatikan daya tampung tempat pelaksanaan. 

“Jadwal Kampanye Rapat Umum akan berlangsung selama 21 hari, terhitung sejak 21 Januari 2024, hingga 10 Februari 2024 mendatang. Jadwalnya sudah disepakati, nanti akan kami tetapkan”, ungkap Marwansyah, Kamis (18/01/2024).

Marwansyah mengakui pelaksanaan Kampanye Rapat Umum di Kabupaten Beltim sejak Pemilu tahun 2009 sangat minim. Bahkan pada Pemilu tahun 2014 dan Pemilu tahun 2019 lalu, tidak ada sama sekali Kampanye Rapat Umum yang diselenggarakan di Kabupaten Beltim.

“Belum ada yang mengajukan sepertinya ke Polres untuk buat STTP karena kita baru Rakor terkait ini. Namun sejak 2009 Rapat Umum sepertinya tidak menarik dilaksanakan”, sebut Marwansyah.

Marwansyah berharap dengan dikeluarkannya jadwal tersebut maka akan ada Parpol yang memanfaatkan pelaksanaan Kampanye Rapat Umum pada Pemilu tahun 2024. Sehingga tidak hanya pelaksanaan kampanye dengan metode Tatap Muka dan Pertemuan Terbatas. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan Pemilu tahun 2024 berlangsung dengan penuh suka cita.   

“Rapat Umum ini kan membuat suasana Pemilu lebih meriah, penuh suka cita, tidak adem ayem. Kita ingin agar tingkat partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam Pemilu semakin meningkat”, pungkas Marwansyah. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…