Ketua Bawaslu Belitung Lantik Listari Selaku PAW Anggota Panwascam Sijuk

BELITUNG, pradivanews.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupatan Belitung, Rezeki Aris Munazar, SH, Senin (15/01/2024), melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan Listari selaku Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Sijuk, Kabupaten Belitung.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji yang berlangsung di ruang rapat Kantor Bawaslu Kabupaten Belitung ini digelar dalam rangka menindaklanjuti pergantian Anggota Panwascam Sijuk Heri Wibowo yang lolos seleksi dan dilantik sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung.

Hadir dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji tersebut Anggota Bawaslu Belitung Yerri Larona, Ketua Panwaslu Kecamatan Sijuk Renaldi, dan Kepala Sekretariat Panwascam Sijuk Sutrisno, serta jajaran dan staff di lingkungan Bawaslu Kabupaten Belitung.

Listari dilantik sebagai PAW Anggota Panwascam Sijuk berdasarkan Surat Keputusan Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Nomor 001/HK.01.01/K.BB-05/01/2024 tentang Penetapan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sijuk pada Pemilu Tahun 2024.

Saat membacakan petikannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar, SH (Aris) meyakini bahwa Listari akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Saya selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung, melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan saudara sebagai Pengganti Antar Waktu Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sijuk, dan akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya”, ungkap Aris.

Dalam kesempatan ini Aris juga mengingatkan seluruh jajarannya, khususnya kepada Anggota Panwascam Sijuk yang baru dilantik dan diambil sumpah/janji jabatannya. Ditekankan Aris bahwa sumpah/janji yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sumpah/janji merupakan janji kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran”, lanjut Aris.

Terpisah, Listari yang baru dilantik sebagai Anggota Panwascam Sijuk menyatakan dirinya akan berperan secara pro-aktif dalam melaksanakan tugas dan tidak akan melibatkan diri dalam perbuatan tercela, tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, dan hadiah.

Selain itu tidak meminta dan menerima bantuan atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas, menghindari pertentangan kepentingan dalam melaksanakan tugas.

Listari juga berkomitmen untuk sangup berkerja penuh waktu, bermukim di wilayah kerja dan tidak menjalankan profesi lain selama menjadi Anggota Panwascam Sijuk, akan bersikap netral dan tidak memihak kepada Partai Politik tertentu, calon dan peserta Pemilu, akan menyampaikan informasi penyimpangan etika dan integritas, turut menjaga kerahasiaan saksi dan pelanggaran peraturan yang dilaporkan.

“Jika saya melanggar hal-hal tersebut, saya siap bertanggung jawab dan akan menghadapi segala konsekwensinya”, pungkas Listari. (***)

Reporter : Eddy SD
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…