Setelah Perpanjangan 2 Hari Jumlah Pelamar Calon Petugas PTPS Melebihi Kuota, Panwascam Akan Lakukan Seleksi Administrasi dan Wawancara

BELITUNG, pradivanews.com – Antusias masyarakat di Kabupaten Belitung untuk menjadi petugas Pengawas Tempat Pemungutuan Suara (PTPS) dalam Pemilu tahun 2024 sangat tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar di masing-masing Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di 5 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Belitung.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung, Rezeki Aris Munazar, SH (Aris) mengatakan, jumlah peserta yang mendaftar melebihi jumlah petugas PTPS yang dibutuhkan sebanyak 547 orang, sesuai dengan jumlah TPS yang tersebar di 5 kecamatan berdasarkan jumlah yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung.

“Hingga masa pendaftaran dan penerimaan berkas ditutup pada tanggal 6 Januari 2024 lalu, total peserta yang mendaftar di 5 kecamatan berjumlah 587 orang, dengan rincian peserta laki-laki berjumlah 294 orang dan peserta perempuan berjumlah 293 orang”, ungkap Aris, Rabu (10/01/2024) sore.

Aris mengakui sebelumnya pada masa pendaftaran dan penerimaan berkas peserta tersebut memang terdapat 4 kecamatan yang belum terpenuhi kuotanya. Oleh sebab itu sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Petunjuk Teknis (Juknis), maka dilakukan perpanjangan selama 2 hari.

“Pada waktu pendaftaran memang betul ada beberapa TPS di empat kecamatan yang jumlah pelamarnya belum terpenuhi, hanya wilayah Kecamatan Sijuk yang pendaftarnya cukup dan terpenuhi, bahkan jumlah pesertanya lumayan banyak. Dan sesuai juknis, masa pendaftaran dan penerimaan berkas kita perpanjang pada tanggal 7 hingga 8 Januari 2024”, sebut Aris.

Dijelaskan Aris, perpanjangan masa pendaftaran dan penerimaan berkas calon petugas PTPS hanya berlaku untuk TPS di wilayah yang kuotanya belum terpenuhi. Walaupun ada desa atau kelurahan dalam wilayah kecamatan yang sama, namun jumlah kuotanya sudah terpenuhi maka perpanjangan tersebut tidak berlaku. Perpanjangan masa pendaftaran dan penerimaan berkas hanya berlaku untuk wilayah yang TPS nya belum terpenuhi.

“Contoh misalnya di Kecamatan Tanjungpandan, di Kelurahan Pangkallalang jumlah pesertanya belum terpenuhi sesuai jumlah TPS yang ada, maka hanya untuk Kelurahan Pangkallalang yang diperpanjang. Untuk desa lainnya di Kecamatan Tanjungpandan, jika sudah terpenuhi maka tidak akan dilakukan perpanjangan, meskipun berada dalam kecamatan yang sama”, jelas Aris.

Lebih lanjut Aris mengatakan, setelah dilakukan perpanjangan maka jumlah pendaftar calon petugas PTPS terpenuhi sesuai dengan kebutuhan. Bahkan akhirnya jumlah pendaftar tersebut sudah melebihi kuota yang dibutuhkan.

“Dengan diperpanjang masa pendftarannya kemaren, Alhamdulillah semua terpenuhi dan malahan jumlah pelamarnya naik. Hal ini membuat saya sangat bangga, artinya dengan menjadi Pengawas di TPS maka masyarakat mau bersama-sama untuk peduli dalam mengawasi Pemilu agar berjalan dengan baik, lancar, aman dan damai”, lanjut Aris.

Setelah masa pendaftaran dan penerimaan berkas calon petugas PTPS terpenuhi, ditambahkan Aris selanjutnya Panwascam di masing-masing kecamatan akan melakukan seleksi administrasi terhadap kelengkapan berkas. Kemudian bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan mengikuti tes wawancara.

“Karena ini tahapan Pemilu serentak, maka seleksi wawancaranya juga akan dilakukan secara serentak di Kabupaten Belitung. Nanti masing-masing Panwascam di 5 kecamatan yang akan melakukan seleksi wawancara tersebut pada tanggal 12 dan 13 Januari”, pungkas Aris. (***)

Reporter : Yudi AB
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦