Peringatan Hari Amal Bakti ke-78, Kementerian Agama Beltim Kampanyekan Pemilu Bebas Politik Identitas Keagaaman

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Pelaksanaan apel puncak peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama, Rabu (03/01/2024), diikuti seluruh pegawai di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Kabupaten Belitung Timur (Beltim), bertempat di MTs Negeri 1 Manggar Kabupaten Beltim.

Apel Hari Amal Bakti dilaksanakan di MTs Negeri 1 Manggar karena lokasi tersebut merupakan tempat pertama kali berdirinya Kementerian Agama Kabupaten Beltim. Apel Hari Amal Bakti tersebut dipimpin Bupati Beltim Burhanudin.

Dalam amanatnya, Burhanudin (Aan) membacakan sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang didalamnya menekankan agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Agama, khususnya di Kabupaten Beltim untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024.

“Dalam kesempatan ini, saya mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar, selama Pemilu 2024. Bagi ASN Kementerian Agama, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan”, sebut Aan.

Netralitas tersebut menurut Aan dengan membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Terutama dengan cara mengawal Pemilu tahun 2024 dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan.

“Kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas, karena madharat-nya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa. Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita”, lanjut Aan.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama Kabupaten Beltim Suparhun mengungkapkan, melalui peringatan Hari Amal Bakti ke-78 pelayanan kepada umat harus ditingkatkan dengan sebaik-baiknya. Hal ini mengingat momentum peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama tahun 2024 yang mengusung tema Indonesia Hebat Bersama Umat.

“Ini bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama”, ungkap Suparhun yang menjabat Kepala Kanwil Kementerian Agama Kabupaten Beltim sejak awal Desember 2023 lalu.

Mantan Kepala Seksi Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka ini juga mengatakan jika pelayanan umat dilandasi sebagai panggilan hati, maka dari itu yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak.

“Oleh karena itu, mari kita wujudkan birokrasi yang melayani. Kita layani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai panggilan hati, bukan semata kewajiban birokrasi”, pungkas Suparhun.

Pada peringatan Hari Bakti Amal Kementerian Agama Tahun 2024 ini, menurut Suparhun Kementerian Agama Kabupaten Beltim menyelenggarakan kegiatan bakti sosial, seperti penyerahan santunan bagi warga kurang mampu di Kecamatan Dendang, serta memberikan cinderamata bagi mantan ASN yang sudah puluhan tahun mengabdi. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…