Memasuki Hari Kedua Pendaftaran, Panwascam Tanjungpandan Baru Terima 18 berkas Calon Petugas PTPS Pemilu 2024

BELITUNG, pradivanews.com – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Tanjungpandan, Rabu (03/01/2024), baru menerima sebanyak 18 berkas pendaftaran untuk calon petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu tahun 2024. Hingga memasuki hari kedua masa pendaftaran, calon peserta banyak yang datang untuk menanyakan persyaratan administrasi calon petugas PTPS Pemilu 2024.

Hal ini diungkapkan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Dan Penyelesaian Sengketa (Kordiv PPPS) Panwascam Tanjungpandan, Risky Triyunita S.Pd (Kiky) kepada pradivanews.com. Menurut Kiky, hingga memasuki hari kedua masa pendaftaran dan penerimaan berkas, calon peserta banyak yang baru mengambil formulir.

“Dihari kedua ini, sampai dengan pukul 12.00 WIB ada puluhan calon peserta yang datang dan mengambil formulir, namun yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran itu baru 18 calon”, ungkap Kiky, Rabu (03/01/2024), di Kantor Panwascam Tanjungpandan di Jalan Stadion Pangkallalang Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Sesuai dengan jadwal, pendaftaran dan penerimaan berkas calon petugas PTPS dimulai sejak hari Selasa tanggal 2 Januari 2024 hingga berakhir pada Sabtu tanggal 6 Januari 2024 mendatang. Selanjutnya, Panwascam Tanjungpandan akan melakukan seleksi administrasi dengan mencermati kelengkapan berkas yang diserahkan calon peserta.

“Setelah jadwal pendaftaran, akan dilakukan pencermatan terhadap kelengkapan berkas untuk menentukan calon peserta yang lolos seleksi administrasi. Kemudian bagi calon peserta yang lolos seleksi administrasi, mereka berhak untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya”, sebut Kiky.

Dikatakan Kiky, untuk wilayah Kecamatan Tanjungpandan akan dibutuhkan sebanyak 294 petugas PTPS yang nantinya akan ditugaskan di TPS yang berada di Du Daerah Pemilihan (Dapil) yakni 162 petugas PTPS bertugas di Dapil Belitung 1 dan 132 petugas PTPS bertugas di Dapil Belitung 2.

“Dalam proses perekrutan dan pendaftaran petugas Pengawas TPS ini tidak dipungut biaya, alias gratis. Jadi mari bergabung menjadi Pengawas TPS, untuk bersama-sama mengawasi dan mencegah terjadinya kecurangan pada Pemilu 2024″, pungkas Kiky.

Selain di wilayah Kecamatan Tanjungpandan, sejumlah PTPS dibutuhkan juga di wilayah kecamatan lainnya. Untuk wilayah Kecamatan Badau dibutuhkan sebanyak 53 petugas PTPS, wilayah Kecamatan Sijuk dibutuhkan sebanyak 91 petugas PTPS, wilayah Kecamatan Membalong dibutuhkan sebanyak 88 petugas PTPS, dan wilayah Kecamatan Selat Nasik dibutuhkan sebanyak 21 petugas PTPS. (***)

Berkas Pendaftaran Yang Harus Dipenuhi Calon Petugas PTPS :

  1. Surat pendaftaran yang ditujukan Kepada Panwaslu Kecamatan
  2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el)
  3. Pas photo setengah badan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
  4. Fotocopy ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang atau menyerahkan fotocopy ijazah dengan menunjukkan ijazah yang asli.
  5. Daftar riwayat hidup.
  6. Surat pernyataan bermaterai yang memuat:
    a). Setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Undang-Undang Dasar 1945
    b). Sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkotika ( jika tidak melampirkan surat hasil pemeriksaan)
    c). Tidak pernah menjadi anggota partai politik sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 tahun terakhir.
    d). Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.
    e). Bersedia bekerja penuh waktu.
    f). Kesediaan untuk tidak menduduki jabatan politik, jabatan di jabatan pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)/ Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
    g). Tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesame penyelenggara Pemilu.
  7. Pelamar dapat melampirkan keterangan atau bukti lain yang mendukung kompetensi calon.
  8. Tempat pengambilan formulir, berkas administrasi calon petugas Pengawas TPS dan informasi perekrutan dapat diperoleh dengan mengunjungi akun media sosial resmi Panwascam Tanjungpandan, mengunjungi link https://bit.ly/FormlamaranPTPS atau datang langsung ke Sekretariat Panwascam Tanjungpandan.
  9. Berkas pendaftaran dapat di antar langsung ke Sekretariat Panwascam Tanjungpandan, atau dikirim via email panwascamtanjungpandan@gmail.com.
    10.Dibuat masing-masing rangkap 2 (dua) yang terdiri 1 rangkap asli dan 1 rangkap fotocopy.

Reporter : Eddy SD
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…