PPID Pemkab Beltim Terima Anugerah Tertinggi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Sekda Babel) Naziarto, Rabu (20/12/2023) pagi, menyerahkan penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2023 kepada Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin, bertempat di Bangka City Hotel, Kota Pangkalpinang, Babel.

Penghargaan tertinggi berupa peringkat pertama tersebut diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim melalui Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskotikdansa) Kabupaten Beltim. Ini merupakan penghargaan kedua yang diterima Pemkab Beltim sejak tahun 2022.

Penghargaan dari Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Babel tersebut untuk Kategori Badan Publik tingkat Kabupaten/Kota dengan kualifikasi sebagai Badan Publik Informatif. Kategori Informatif ini merupakan kualifikasi tertinggi dalam Anugerah KIP.

Ketua KID Provinsi Babel, Ita Rosita mengungkapkan Anugerah KIP Tahun 2023 diselenggarakan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang telah melalui beberapa tahapan selama 6 bulan ke belakang. Mulai dari pengisian kuesioner (self assesment questioner) oleh badan publik, pengembalian kuesioner, verfikasi data, visitasi verifikasi lapangan, presentasi/uji publik, penilaian dan penetapan predikat badan publik.

“Yang terakhir adalah pengumuman dan penganugerahan. Hal ini semua dilaksanakan dengan menggunakan standard penilaian Komisi Informasi Pusat”, ungkap Ita.

Ita menekankan tujuan diadakannya penganugerahan tersebut bukan untuk berkompetisi, melainkan untuk melakukan pengawasan terhadap kepatuhan badan publik dalam menjalankan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kita ingin melihat komitmen badan publik dalam penyelenggaraan keterbukaan informasi publik. PPID adalah pintu keterbukaan informasi publik mengumpulkan informasi yang menjadi tolak ukur kemajuan daerah”, kata Ita.

Selain Pemkab Beltim, Tiga Penghargaan dari total 4 Penghargaan Kategori Badan Publik Pemerintah Desa juga diborong oleh Desa di Kabupaten Beltim. Desa Simpang Tiga Kecamatan Simpang Renggiang, Desa Selinsing Kecamatan Gantung dan Desa Baru Kecamatan Manggar memperoleh Predikat Menuju Informatif.