Lampu Sejumlah Taman di Beltim Jadi Sasaran Aksi Jahil Oleh Orang-Orang Iseng

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Lampu penerangan di sejumlah taman yang dibangun Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Pertanahan dan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Belitung Timur (DPUPRP2RKP Beltim) menjadi sasaran aksi jahil oleh orang-orang iseng yang tidak bertanggungjawab.

Aksi jahil oleh orang-orang iseng tersebut terjadi di sejumlah ruang publik seperti di Pantai Teropong Desa Lalang Kecamatan Manggar, Taman Segitiga Kota Manggar, Taman Desa Mengkubang Kecamatan Damar, serta Taman Segitiga Desa Mentawak Kecamatan Kelapa Kampit.

Kepala Bidang Cipta Karya DPUPRP2RKP Beltim, Lukman sangat menyesalkan aksi jahil oleh orang-orang iseng yang merusak fasilitas umum tersebut, seperti mengutak-ngatik pengatur waktu lampu, melepas lampu, hingga menembak lampu dengan menggunakan senapan angin.

“Paling sering terjadi di Pantai Teropong, Taman di Damar dan Taman Segitiga Kelapa Kampit. Yang paling parah di Kampit itu, lampu ditarik dan lampu sorotnya ditembak”, ungkap Lukman kepada Diskotikdansa Beltim, Selasa (19/12/2023).

Lukman menduga aksi jahil dilakukan dengan alasan agar tempat mangkal bagi orang-orang iseng tersebut tidak menjadi terang benderang. Mengingat lokasi-lokasi tersebut sering dijadikan tempat bagi orang pacaran, minum miras hingga aksi kenakalan lainnya.

Meskipun aksi jahil tersebut belum termasuk sebagai aksi kriminalitas, namun hal tersebut sangat merepotkan petugas dari DPUPRP2RKP Beltim karena aksi jahil dengan merusak fasilitas umum tersebut terjadi dua hingga tiga bulan sekali.

“Kalau kerugian materi memang tidak banyak. Namun ini nambah kerjaan kami karena harus memperbaiki lampu-lampu yang dirusak”, kata Lukman.

Oleh sebab itu, untuk memperkecil terjadinya aksi jahil oleh orang-orang iseng tersebut, Bidang Cipta Karya DPUPRP2RKP Beltim
sudah meminta bantuan kepada pihak Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan untuk sama-sama menjaga keindahan taman serta aset yang ada.

“Kita sudah mengirimkan surat ke Desa dan Kecamatan. Kita juga minta masyarakat untuk sama-sama menjaga, mencegah terjadinya aksi pengrusakan sehingga taman-taman kita tetap indah”, pungkas Lukman. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…