Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemilu 2024, KPU Belitung Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Kepada Berbagai Elemen Masyarakat

BELITUNG, pradivanews.com – Guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Selasa (19/12/2023), menggelar kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih dalam Pemilu tahun 2024, bertempat di ruang rapat kantor KPU Kabupaten Belitung.

Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih dalam Pemilu tahun 2024 ini diikuti oleh masing-masing perwakilan dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat Melayu, Tokoh Pemuda, Mahasiswa dan Pelajar SLTA, serta Insan Media Massa yang bertugas di Belitung.

Kegiatan yang mengusung tema Peningkatan Partisipasi Pemilih Sebagai Sarana Integrasi Bangsa ini dibuka secara zoom oleh Ketua KPU Kabupaten Belitung, Soni Kurniawan yang masih melaksanakan dinas di luar Kabupaten Belitung.

Melalui sambutannya, Soni Kurniawan mengatakan bahwa peningkatan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024, KPU Kabupaten Belitung tidak dapat bergerak dan bekerja sendiri tanpa adanya dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Belitung.

“Sesuai dengan kapasitasnya, kami harapkan dan kami mohon peran serta keaktifannya sebagai filter dalam memberikan edukasi dan pemahaman terkait informasi Pemilu. Sehingga tujuan peningkatan partisipasi pemilih dalam Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa dapat berjalan secara utuh”, kata Soni, Selasa (19/12/2023).

Sementara itu Anggota KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Parmas, Abdul Ghofur menyampaikan materi terkait daftar pemilih tetap, daftar pemilih tambahan, daftar pemilih khusus, pindah memilih, dan jenis surat suara yang didapat oleh masing-masing pemilih, serta materi lainnya terkait upaya peningkatan partisipasi pemilih dalam Pemilu tahun 2024.

“Sama dengan Pemilu 2019 lalu, pada Pemilu 2024 nanti juga ada 5 jenis surat suara, yaitu warna Hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, warna Biru untuk DPRD Provinsi, warna Kuning untuk DPR RI, warna Merah untuk DPD RI, dan warna Abu-Abu untuk Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden”, jelas Ghofur.

Melalui kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih ini, Ghofur juga berharap kepada seluruh peserta sesuai dengan kapasitasnya, dapat membantu KPU dalam menyampaikan setiap informasi terkait Pemilu 2024, minimal terkait hari dan waktu pelaksanaannya yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Pada Pemilu tahun 2024 ini, KPU sudah menetapkan 18 Partai Politik secara nasional sebagai peserta Pemilu. Di Belitung sendiri, dari 18 Partai Politik tersebut, ada 2 Partai Politik yang tidak mengusung Calon Legislatif sama sekali”, pungkas Ghofur. (***)

Reporter : Yudi AB
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…