Jelang Nataru, Kansar Pangkalpinang Gelar Apel Siaga SAR Khusus dan Akan Kerahkan Personel Beserta Alut di Beberapa Titik Rawan Laka

PANGKALPINANG, pradivanews.com – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolonan Pangkalpinang I Made Oka Astawa, Senin (18/12/2023), memimpin pelaksanaan Apel Siaga SAR Khusus dalam rangka menyambut perayaan Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Apel Siaga SAR Khusus Nataru yang berlangsung di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang ini melibatkan personel dari unit-unit siaga SAR serta personel dari Pos SAR yang tersebar di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam amanatnya, I Made Oka Astawa mengungkapkan, pada perayaan Nataru diprediksi akan terjadi kepadatan dari aktivitas perjalanan yang dilakukan masyarakat, baik dari dalam maupun keluar daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang didominasi oleh perairan.

I Made Oka Astawa juga mengatakan, Apel Siaga SAR Khusus Nataru dilaksanakan dengan tujuan untuk mempercepat respon time dan memberikan rasa aman serta nyaman kepada masyarakat yang mudik dan merayakan Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Pada akhir tahun ini, kemungkinan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas masyarakat yang akan melaksanakan aktivitas perjalanan. Sehingga dengan bertambahnya aktivitas mobilitas masyarakat tinggi maka resiko kecelakaan dalam bertransportasi juga akan semakin tinggi”, ungkap I Made Oka Astawa.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, I Made Oka Astawa mengatakan pihaknya akan menempatkan personel dan Alat Utama (Alut) SAR di lokasi-lokasi strategis yang dianggap rawan terjadinya kecelakaan dan bencana di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Lebih lanjut I Made Oka Astawa menambahkan, waktu pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru yakni tanggal 18 Desember 2023 hingga tanggal 7 Januari 2024. Dalam kegiatan Siaga Khusus Nataru ini, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang akan mengerahkan sebanyak 68 personel.

Selain itu, juga disiapkan sarana dan prasarana berupa sarana laut yakni 1 unit KN SAR Karna, 1 unit RB 01, 1 unit RBB 01, 4 unit RIB, 2 unit Jetsky, 18 Unit Rubber Boat. Sarana darat yakni Rescue Truck/Personel, Rescue CAR, Rescue Compartment, Recue Trail, dan ATV. Sarana udara yakni drone.

“Sehingga Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus Nataru 2024 dengan menempatkan personel dan Alut di lokasi-lokasi strategis yang rawan laka dan bencana. Adapun titik-titik yang menjadi fokus yakni di Pelabuhan, Bandara, Posko Terpadu, dan tempat-tempat wisata”, lanjut I Made Oka Astawa. (***)

Reporter : Humas SAR Pangkalpinang
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…