Evaluasi Tahapan Kampanye, Bawaslu Belitung Gelar Rapat Penyelenggaraan Penanganan Pelanggaran Kampanye Pemilu

BELITUNG, pradivanews.com – Memasuki minggu ketiga tahapan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung menggelar Rapat Penyelenggaraan Penanganan Pelanggaran Kampanye, Minggu (17/12/2023), bertempat di ruang rapat Kantor Bawaslu Kabupaten Belitung, Desa Perawas Tanjungpandan.

Rapat yang dibuka oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (Kordiv P3S), Heikal Fackar, Lc ini diikuti seluruh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Belitung, serta dihadiri Kanit Politik Satintelkam Polres Belitung, Bripka Erik Marwhendi, S.I.Kom sebagai narasumber.

Tujuan digelarnya rapat yakni untuk meningkatkan efektifitas dan evaluasi pengawasan tahapan kampanye Pemilu, peningkatan pemahaman terkait dengan strategi pengawasan kampanye, pengisian alat kerja pengawasan dan penanganan pelanggaran Pemilu, serta cara pengisisan sistem informasi pendukung pengawasan kampanye.

Kordiv P3S Bawaslu Belitung, Heikal Fackar mengatakan, peserta rapat menyampaikan beberapa hal yang sering ditemukan di lapangan yakni, permasalahan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai aturan, serta adanya perbedaan nama petugas atau juru kampanye yang tertera di Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dengan petugas atau juru kampanye yang melaksanakan kampanye.

“Jaga selalu kesehatan dan manfaatkan waktu dengan seefisien mungkin, karena pelaporan kegiatan pengawasan yang dilakukan harus disampaikan secara berjenjang ke Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI. Kalau bisa jangan berlama-lama, mengingat hasil pengawasan setiap harinya harus kita laporkan secara berjenjang”, sebut Heikal dalam kata sambutannya, Minggu (17/12/2023).

Sementara itu, Bripka Erik Marwhendi seizin Kapolres Belitung menyampaikan beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam penyelenggaraan penanganan pelanggaran kampanye yakni, objek yang menjadi pengawasan, faktor penyebab terjadinya pelanggaran, metode pencegahan, analisa, riset dan evaluasi jenis pelanggaran, serta tindak lanjut dari temuan pelanggaran kampanye.

“Dengan adanya analisa, riset dan evaluasi, kita bersama Gakkumdu akan dapat menentukan langkah sebagai tindak lanjut dari penanganan pelanggaran kampanye yang terjadi tersebut”, pungkas Erik. (***)

Reporter : Eddy SD
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…