Dukung Keterbukaan Informasi Publik, Disktikdansa Beltim Luncurkan Aplikasi Mentudong Beltim

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Guna mendukung keterbukaan informasi publik, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Belitung Timur (Diskotikdansa Beltim), Senin (18/12/2023), meluncurkan Aplikasi Mentudong Beltim. Aplikasi berbasis android (mobile-based application) ini merupakan singkatan dari Mencari Data Pendukung Pembangunan.

Peluncuran Aplikasi Mentudong Beltim yang berlangsung di Gedung Auditorium Zahari MZ Manggar tersebut ditandai dengan penekanan tombol pada Layar IPAD oleh Bupati Beltim Burhanudin dan Kepala Disktikdansa Beltim Bayu Priambodo.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Beltim Rita Susanti sebagai keynote speech, Kapolres Beltim AKBP Arif Kurniatan dan jajaran Forkopimda, Pj Sekda Beltim Sayono, Asisten Pemkab Beltim dan pimpinan perangkat daerah, Kepala BPS Beltim Azhar, serta perwakilan kecamatan dan desa se-Kabupaten Beltim.

Kepala Disktikdansa Beltim, Bayu Priambodo mengatakan, Mentudong Beltim merupakan inovasi publikasi data dan statistik daerah yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim.

“Mentudong Beltim ini bukan proyek perubahan diklat kepemimpinan, akan tetapi murni kreasi penyelenggaraan urusan. Aplikasi ini dapat semakin mendekatkan dan memudahkan setiap stakeholder dalam mengakses data dan statistik yang diproduksi oleh BPS dan OPD di lingkungan Kabupaten Beltim”, kata Bayu.

Dijelaskan Bayu, Mentudong Beltim merupakan salah satu upaya Pemkab Beltim untuk menyediakan informasi publik bagi masyarakat. Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, yang telah diturunkan ke dalam Peraturan Daerah Belitung Timur Nomor 5 Tahun 2022 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Beltim.

“Sumber data dan informasi sebagai konten pada aplikasi Mentudong Beltim adalah publikasi statistik dasar yang diproduksi oleh BPS dan publikasi statistik sektoral yang diproduksi melalui kegiatan statistik sektoral yang diselenggarakan oleh OPD di lingkungan Kabupaten Beltim”, jelas Bayu.

Mengingat Aplikasi Mentudong Beltim sudah resmi diluncurkan, Bayu pun mempersilahkan masyarakat umum di Kabupaten Beltim untuk mengunduh aplikasi melalui Google Playstore Android, jika ingin memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…